Kandungan Serta Manfaat Buah Delima

Kandungan serta Manfaat buah Delima - Dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m dpl, tersebar di daerah subtropis sampai tropis. Delima berasal dari Eropa Tenggara dan Asia, Dikenal tiga varietas delima, yaitu delima putih, delma merah, dan delima hitam (tangkalnya berwarna hitam). Kulit buah delima keras, tapi permukaannya halus, warnanya beragam, seperti:hijau keunguan, putih kekuningan, coklat kemerahan, atau ungu kehitaman, kadang terdapat bercak-bercak berwarna lebih tua.

Buah delima termasuk jenis buah bumi,bentuknya bulat dengan diameter 5-12 cm. Bijinya banyak, kecil-kecil, berbentuk bulat panjang bersegi agak pipih, keras, warnanya merah, dan buahnya keras. Dalam istilah perancis kuno pomegranate diartikan sebagai ”Pome” yaitu apel dan ”grenate” artinya banyak biji. Reputasi delima sebagai buah untuk ”bercinta” diamini oleh peneliti yang dimuat di Journal of Urology yang menyatakan jus delima sebagai ”Natural Viagra”. Jus delima juga merupakan minuman alami guna mencegah penyakit jantung.delima kaya akan kalium,Vitamin C, dan B6. Mari kita bahas Manfaat buah Delima ini.

Kandungan serta Manfaat buah Delima


Buah delima bila sudah matang, kulit buah, kulit akar, kulit kayu, dan bijinya juga berkhasiat obat. Di dalam buah Delima terdapat flavonoid (antosianin), asam sitrat, asam malat, gula buah (glukosa, frukotsa, maltosa), dan vitamin (C, B6, A). Kulit buahnya mengandung alkaloid pelletierene, granatain, betulic acid, ursolicacid, isoquercitrin, dan kalsium oksalat serta masih banyak lagi.

Kulit akar dan kulit kayu mengandung sekitar 20% eligatanin, dan 0,5-1% senyawa alkaloid, antara lain alkaloid pelletierine, pseudopelletierine, metilpelletierine, isopelletierine, dan metilisopellettierine.

Daun buah delima mengandung alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, sulfur, dan peroksidase. Alkaloid pelletierine bersifat toksik dan menyebabkan terbunuhnya cacing pita, cacing gelang, dan cacing keremi yang terdapat dalam tubuh.

Antosianin bekhasiat sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas perusak berbagai organ yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Tanin memiliki rasa yang pahit dan sepat. Tanin pada delima disebut Punicalagins yang berkhasiat astringen dan bermanfaat sebagai pencegah diare dan penghenti perdarahan.

Kandungan dalam Delima merah

Manfaat delima (daging pembungkus biji) bermanfaat untuk penyejuk, antioksidan, dan sebagai peluruh kentut. Jus delima memperlambat proses penuaan dan antioksidannya berfungsi sebagai senjata radikal bebas. Jus buah delima digunakan untuk penurun berat badan (diet), melindungi dari penyakit jantung koroner, dan sebagai penurun tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Delima memiliki biji, sifat bijinya tersebut yakni sejuk, tidak beracun, berkhasiat meredakan demam, antitoksik, melumas paru-paru, dan pereda batuk.

Kulit buah delima berkhasiat menghentikan perdarahan (Hemostatis), peluruh cacing usus (Vermifuga), mencegah diare, dan antivirus. Kulit buah nya digunakan untuk pengobatan diare kronis, disentri, prolaps anus, darah haid banyak keputihan, cacing gelang, dan skabies.

Kulit kayu ataupun akar buah delima memiliki rasa yang asam, hampir tak berbau, serta astringen. Berkhasiat sebagai peluruh dahak, vermifuga (pengusir cacing usus), pencahar, dan mencegah diare.

Penelitian Buah Delima

1. Penelitian di israel membuktikan,minum jus delima setiap hari dapat mencegah penebalan sel dinding arteri. Hal tersebut terjadi karena delima yang sudah dijus berkhasiat antioksidan, dapat mengurangi hampir separuh LDL kolesterol yang terdapat dalam tubuh (oksidasi). Proses oksidasi merubah LDL kolesterol menjadi molekul yang lebih kecil dan padat (small dense LDL) sehingga mempercepat timbulnya trombus/kerak di pembuluh darah arteri.

2. Peneliti di University of California maupun peneliti di Israel menegaskan bahwa kapasitas antioksidan dari jus delima, 2-3 kali lebih besar dari anggur merah atau teh hijau.

3. Peneliti Schulman menyatakan bahwa jus delima bekerja sebagai ACE inhibitor alami yang menurunkan kadar ACE sampai 36% dan mereduksi tekanan darah tinggi atau rendah. ACE inhibitor pengobatan yang digunakan bagi penderita tekanan darah tinggi (Hipertensi) dan penyakit jantung kongestif.

4. Delima putih diyakini mengandung alkaloid yang lebih banyak sehingga lebih disukai untuk pengobatan.

Cara yang tepat untuk mengkonsumsi Delima

Daging buah delima yang sudah matang bisa dimakan langsung atau dibuat jus atau bisa dicampur dengan jus wortel. Untuk pemakaian luar, minum jus delima, karena Manfaat buah Delima yaitu sebagai obat kumur dalam menyembuhkan sariawan, radang gusi, gigi yang ompong, infeksi dalam tenggorokan, keputihan pada wanita atau berfungsi untuk obat kompres pada wasir yang sedang meradang.
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kandungan Serta Manfaat Buah Delima"

Posting Komentar