-->

9 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

9Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Tomat, sebagian orang menganggapnya sebagai buah – buahan, namun sebagian orang juga menganggapnya sebagai jenis sayuran. Tomat seringkali dikonsumsi sebagai buah dengan cara dimakan langsung ataupun di jus. Tak jarang juga dijadikan bahan pelengkap dalam membuat masakan ataupun campuran sambal. Pastinya tomat kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

9 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi Tomat

Tomat rendah akan kandungan lemak jenuh, kolesterol, kalori, dan sodium. Dalam buah tomat (+/- 150 gram) kaya akan kandungan Vitamin A, C, K, Folat serta Kalium, bahkan menyuplai 7 persen dari jumlah asupan serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga mengandung Magnesium,  Fosfor, Tembaga, Tiamin, Niasin, dan juga Vitamin B6. Kandungan air dalam tomat-pun cukup tinggi.

Aneka Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Layaknya jenis buah dan sayuran yang lainnya, tomat memiliki aneka manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya melindungi dan mengindarkan dari aneka penyakit misalnya hipertensi, jantung, stroke, dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang mungkin ada salah satunya yang belum anda ketahui, simak ulasannya:

1. Menjaga dan Melindungi Kulit Tetap Sehat

Kandungan likopen dan juga Beta Karoten dalam buah tomat dapat membuat kulit anda tetap sehat serta indah, bermanfaat dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV  Atau Matahari yang dapat menyebabkan kerutan serta garis-garis halus pada permukaan kulit.

2. Menjaga Tulang Tetap Kuat

Likopen yang terkandung dalam tomat dapat mencegah terjadinya osteoporosis, karena zat Likopen dipercaya memiliki kemampuan meningkatkan massa tulang. Selain itu kandungan vitamin K dalam tomat juga bermanfaat untuk memperbaiki serta memperkuat tulang.

3. Sebagai Anti Kanker

Tomat merupakan anti kanker yang alami. Likopen dalam tomat memiliki kemampuan lain yang bermanfaat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, diantaranya termasuk kanker serviks, prostat, serviks, faring, mulut, tenggorokan, kerongkongan, usus besar, lambung, dubur, serta kanker ovarium. Kandungan vitamin A dan C dalam tomat berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel.

4. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Tomat adalah satu sumber dari kromium yang bermanfaat untuk membantu mengatur gula darah dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi tomat dapat menjaga gula darah anda tetap seimbang.

5. Meningkatkan Daya Penglihatan

Salah satu manfaat tomat dipercaya dapat meningkatkan daya penglihatan mata anda. Vitamin A dalam tomat memiliki peran dalam memperbaiki penglihatan dan membantu mencegah rabun senja. Dalam sebuah penelitian menunjukkan dengan mengonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, yakni jenis gangguan mata yang serius dan sulit untuk dipulihkan.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Tomat kaya akan kandungan Vitamin A yang bermanfaat bagi rambut yang dapat menjaga dan membuat rambut anda tetap kuat dan juga sehat.

7. Mencegah Batu Ginjal dan Batu Empedu

Tomat bermanfaat membantu mencegah terjadinya batu ginjal dan batu empedu dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwasanya batu ginjal dan batu empedu jarang ditemui menyerang pada orang yang rutin makan tomat tanpa bijinya.

8. Membantu Meredakan Peradangan

Mengkonsumsi tomat secara teratur, dipercaya membantu meringankan nyeri dan sakit bagi anda yang bermasalah dengan penyakit peradangan, misalnya Artritis atau Nyeri Punggung. Hal ini dikarenakan tomat kaya kandungan agen Anti-Inflamasi yaitu Bioflavanoid serta Karotenoid yang dapat meredakan rasa sakit akibat peradangan yang anda alami.

9. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang tengah  menjalankan program diet, tak ada salahnya untuk menambahkan tomat ke dalam menu makanan harian anda. Kandungan  air dan serat yang terdapat dalam tomat dapat memberikan rasa kenyang dengan cepat serta tahan lama tanpa menambahkan banyak kalori. Tomat dapat menjadi teman yang baik untuk menyukseskan program diet anda dalam menurunkan berat badan. Anda dapat mengonsumsi tomat sebagai camilan yang sehat dengan menyantapnya langsung atau melibatkannya pada menu makanan lain seperti sup, salad, sandwich, dan lain sebagainya.

Demikianlah tadi  beberapa Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh. Semoga dapat menambah wawasan kita akan manfaat luar biasa yang terkandung dalam tomat, khususnya bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat, salam sehat selalu!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar