-->

Jenis Kelainan Pada Organ Hati Dan Penyebabnya | Agen Milagros 081327570786

Jenis Kelainan Pada Organ Hati Dan Penyebabnya | Organ hati adalah salah satu organ penting dan utama di dalam sistem ekskresi manusia yang akan mendukung kinerja dari banyaknya organ di dalam tubuh. Adapun fungsi utama dari organ hati antara lain adalah sebagai tempat sistesis protein dan juga empedu, serta mengeluarkan zat-zat yang dihasilkan dari metabolisme tubuh. Organ hati ini juga bertugas untuk membantu mengalirkan darah dari organ jantung dengan melakukan perbaikan sel darah merah yang telah mati. Sel darah merah ini berfungsi untuk mengedarkan oksigen serta zat-zat makanan ke seeluruh tubuh. Organ hati di dalam tubuh juga mempunyai peran di dalam pembentukan fibrinogen di dalam plasma darah, dimana fibrinogen ini dibutuhkan di saat terjadi luka di dalam jaringan kulit. Hati juga menghasilkan empedu yaitu cairan dengan warna hijau kekuningan yang mempunyai sederet fungsi untuk sistem pencernaan serta dalam proses eksresi tubuh.


Dapat dibayangkan bukan, betapa banyak fungsi dari organ hati ini di dalam tubuh. Sehingga sudah sepatutnya jika kita wajib untuk melindungi dan menjaganya dengan baik, agar segala fungsinya dapat terus berjalan dengan baik dan juga lancar. Tetapi sayangnya, terkadang perlindungan yang kita berikan masih saja kurang maksimal, terlebih ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kinerja dari organ hati ini. Apabila kinerja dari organ hati mengalami masalah tentunya akan berdampak pada semua fungsi organ lain di dalam tubuh.
Maka dari itu kita wajib mengenali beberapa kelainan pada hati dan penyebab dari adanya kelainan tersebut. Agar kita bisa mencoba melakukan pencegahan yang lebih baik lagi untuk organ hati kita. Dan inilah Beberapa kelainan pada organ hati dan juga penyebabnya.


Jenis Kelainan Pada Organ Hati Dan Penyebabnya.



1. Hepatitis
Salah satu kelainan pada organ hati yang sering terjadi adalah hepatitis. Hepatitis merupakan kondisi dimana organ hati mengalami peradangan yang biasanya diakibatkan oleh adanya virus. Virus disini menjadi agen yang hanya bisa berkembangbiak di dalam sel organisme lain. Ada beberapa jenis hepatitis yaitu :

- Hepatitis A
Untuk hepatitis A ini bisa disebabkan oleh hepatitis A virus  yang dapat ditularkan melalui makanan atau minuman yang telah terinfeksi. Selain itu, hepatitis A juga bisa ditularkan melalui seks oral dengan seseorang yang menderita hepatitis A ini. 


-Hepatitis B
Hepatitis B dapat terjadi akibat adanya hepatitis B virus yang dapat ditularkan oleh adanya hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi hepatitis B. Dalam kasus hepatitis B, penderita akan mengalami pembengkakan yang akhirnya bisa menyebabkan kerusakan pada hati.

- Hepatitis C
Hepatitis C virus inilah yang mengakibatkan seseorang terkena hepatitis C dan biasanya ditularkan melalui tranfusi darah dari seorang penderita, atau memakai jarum suntik secara bersamaan dalam menggunakan obat-obatan terlarang.


- Hepatitis D
Penyakit hepatitis D ini disebabkan oleh hepatitis D virus dan ditularkan dari tranfusi darah dan hubungan seksual dengan penderita. Saat ini belum tersedia vaksin untuk penyakit hepatitis D, namun pencegahan masih bisa dilakukan dengan pemberian vaksin hepatitis B.

- Hepatitis E
Hepatitis E diakibatkan oleh adanya hepatitis E virus yang berasal dari makanan atau minuman yang sudah terinfeksi dengan kotoran penderita hepatitis E.

- Hepatitis Alkoholik
Hepatitis ini dapat terjadi akibat terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jangka waktu yang lama.

- Hepatitis Autoimun
Penyakit ini masuk kedalam penyakit keturunan yang sangat jarang terjadi.

2. Non-Alcoholic Fatty Liver Disease Atau NAFLD
Kelainan pada hati selanjutnya adalah Non-Alcoholic Fatty Liver Disease atau NAFLD ini merupakan kelainan yang disebabkan adanya penumpukan lemak di dalam organ hati. Hal ini akan mudah ditemui pada seseorang yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih atau obesitas. Kelainan hati yang satu ini di bagi menjadi empat tahapan yang meliputi :

- Steatosis
Steatosis merupakan kondisi dengan penumpukan lemak yang jumlahnya sangat banyak di organ hati, namun kondisi ini belum berbahaya untuk penderita.

- Non-alcoholic steatohepatitis
Non-alcoholic steatohepatitis kondisi dimana organ hati mengalami peradangan.


- Fibrosis
Fibrosis adalah suatu kondisi dimana perangan yang terjadi di organ hati sampai menyebabkan luka pada area sekitar hati dan pembuluh darah, namun untuk fungsi hati sendiri masih bisa berjalan denga baik.

- Sirosis
Sedangkan sirosis hati adalah kondisi dimana hati mengalami penyusutan dan terdapat bopeng yang diakibatkan oleh peradangan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini dapat mengakibatkan gagal hati serta kanker hati.

3. Hemokromatosis
Hemokromatosis merupakan salah satu kelainan pada hati yang bersifat menurun yang akan memicu penyerapan zat besi dalam jumlah yang lebih besar. Dalam tingkatan yang normal, tubuh akan membatasi penyerapan zat besi dalam jumlah yang diperlukan saja, akan tetapi untuk penderita hemokromatosis, akan melakukannya secara berlebihan. Hemokromatosis hati terjadi karena adanya mutasi gen HFE yang berfungsi untuk mengontrol penyerapan zat besi di dalam tubuh. Zat besi di dalam tubuh sendiri memiliki peranan dalam pembentukan hemoglobin di dalam sel darah merah. Sedangkan hemoglobin sendiri mempunyai keampuan untuk mengikat oksigen di dalam darah.

 Akibat dari hemokromatosis, akan membuat penderita mengalami :
- Disfungsi ereksi.
- Nyeri persendian.
- Tidak bisa mengalami menstruasi.

4. Kanker Hati
Satu lagi kelainan pada organ hati yang harus kita ketahui adalah kanker hati. Kanker hati memang menjadi kasus yang masih jarang ditemukan akan tetapi hal ini berbahaya untuk penderitanya. Kanker hati diakibatkan oleh adanya sel-sel hati yang bukan jenis kanker dari organ lainnya dalam tubuh yang mungkin menyebar sampai ke hati. Kanker hati sering tidak menimbulkan gejala awal, dan biasanya gejalanya akan terasa saat kanker ini sudah masuk dalam tahapan yang lebih serius. 

Baca juga: Manfaat Milagros
Adapun gejala kanker hati adalah :
- Sakit kuning.
- Tidak memiliki nafsu makan.
- Mual dan muntah.
- Kehilangan berat badan, dan
- Lebih cepat merasa kenyang padahal hanya makan dalam porsi yang kecil.

Baca juga: Harga Milagros

Demikian informasi seputar kelainan pada organ hati dan penyebabnya yang dapat menjadi perhatian untuk kita semua. Jagalah selalu kesehatan organ hati, dengan lebih peka dan peduli akan kebersihan lingkungan serta menjalankan gaya hidup yang sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Kelainan Pada Organ Hati Dan Penyebabnya | Agen Milagros 081327570786"

Posting Komentar