-->

Ketahuilah Manfaat Sayur Gambas Untuk Kesehatan

Ketahuilah Manfaat Sayur Gambas Untuk Kesehatan | Sayur gambas merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah untuk kita dapatkan di manapun, karena disetiap pasar tradisional pasti menyediakan sayuran berciri khas dengan kulit hijau yang memiliki gerigi memanjang diseliling tubuhnya. Sayuran gambas ini sering juga disebut dengan nama sayur oyong, yang biasanya digunakan untuk campuran dalam sayur bening, bersama dengan bayam, wortel dan lain sebagainya. Akan tetapi sayuran gambas ini juga bisa disajikan dengan cara ditumis dengan campuran bumbu yang akan menambah kelezatan citarasa dari sayur gambas ini. Sayuran ini banyak tumbuh di daerah tropis, subtropis dan juga daerah beriklim. 




Banyak orang menyukai sayuran ini untuk dikonsumsi dalam menu makan sehari-hari. Sebab selain enak, sayuran gambas juga dikenal sebagai salah satu jenis sayuran sehat yang bebas akan kandungan lemak, rendah kalori dan juga sarat akan nutrisi. Didalam sayuran gambas ini kita bisa menjumpai adanya kandungan vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat kalsium, kalium, niasin atau vitamin B3, tiamin atau vitamin B1, mangan, magnesium, lutein dan juga beta karoten. 

Selain itu, sayur gambas juga mengandung kekayaan antioksidan hebat yang akan banyak menyuguhkan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Dan inilah manfaat sayur gambas untuk kesehatan.


8 Manfaat Sayur Gambas Untuk Kesehatan

1. Membangun Sistem Kekebalan Tubuh
Semakin sering mengkonsumsi sayuran gambas dalam menu makan sehari-hari, akan sangat membantu tubuh untuk bisa memperoleh asupan vitamin C yang cukup setiap harinya. Vitamin C yang ada pada gambas berguna untuk membantu membangun sistem kekebalan di dalam tubuh. Selain itu vitamin C ini juga akan membantu sel-sel darah putih uantuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga mampu menciptakan kekebalan tubuh untuk siap menghadapi segala macam infeksi dan melawan datangnya penyakit berbahaya dan menular seperti flu dan juga batuk.

2. Mengatasi Leukorea
Perlu untuk diketahui bahwa sayur gambas juga mempunyai manfaat untuk membantu mengobati leukorea yang dikenal sebagai penyebab masalah keputihan ataupun kekuningan di saat mendekati waktu haid dan setelahnya. Adanya properti mucilaginous disini juga akan membantu menghilangkan lendir yang ada pada sistem dalam tubuh. Sehingga masalah keputihan dapat dikurangi. Tidak hanya itu, manfaat sayur gambas untuk kesehatan tubuh juga berguna untuk membangun sistem kekebalan di dalam tubuh yang akan sangat berguna bagi tubuh dalam melawan dan memeberikan perlindungan tubuh dari berbagai serangan penyakit ringan dan juga penyakit berbahaya.


3. Mengatasi Penyakit Diabetes
Untuk para penderita penyakit diabetes, sayuran gambas ini dapat menyumbang kebaikan, karena sayur gambas mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh para penderita penyakit diabetes. Didalamnya terdapat kandungan insulin yang akan membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Sehingga jika ingin masalah diabetes dapat berkurang secara perlahan, bisa secara rutin mengkonsumsi sayuran gambas dalam menu sajian sehari-hari.

4. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Selanjutnya manfaat sayur gambas untuk kesehatan adalah dapat membantu menurunka kadar kolesterol jahat dalam tubuh.  Didalam kulit gambas ditemukan adanya aktivitas hipolipidemik yang membuktikan bahwa sayur gambas mempunyai kegunaan untuk megurangi jumlah kolesterol jahat. Sayuran gambas mampu melakukan penekanan pada aktivitas esterase kolesterol pankreas, membantu mengikat asam lambung dan menurunkan manfaat dari micellization kolesterol, serta akan melakukan penundaan penyerapan kolesterol sekaligus meningkatkan ekskresinya. 


5. Baik Untuk Ibu Hamil
Untuk ibu-ibu yang saat ini tengah mengandung atau hamil, tidak ada salahnya untuk lebih rajin mengkonsumsi sayur gambas ini. Pasalnya di dalam sayuran ini terkandung vitamin B yang akan sangat berguna untuk membantu pertumbuhan janin di dalam kandungan. Sehingga sang buah hati dapat tumbuh dengan sehat dan terhindar dari masalah cacat lahir misalnya spina bifida. Yang tak kalah baiknya dari sayuran gambas ini untuk ibu hamil adalah karena adanya kekayaan kandungan asam folat didalamnya, yang akan membantu menghasilkan dan menjaga sel-sel baru yang akan menunjang terciptanya kehamilan yang sehat. Asam folat juga memiliki peranan untuk mencegah terjadinya keguguran pada kehamilan. Sedangkan vitamin C yang terkandung di dalam sayur gambas berperan aktif dalam menjaga perkembangan sang janin.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Mata
Sayuran hijau unik ini mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi serta diperkaya dengan komponen antioksidan yang kuat seperti litein, beta karoten dan juga zeaxanthin yang sangat baik untuk membantu meningkatkan kesehatan mata. Vitamin A mempunyai kegunaan sebagai pelindung bagian kornea mata, luteinnya bekerja memberikan perlindungan mata dari pengaruh buruk sinar ultraviolet dan untuk zeaxanthin berfungsi untuk membantu perkembangan penglihatan.


7. Menjaga Kesehatan Fungsi Cerna
Selanjutnya manfaat yang bisa kita dapatkan dari sayur gambas untuk kesehatan adalah karena mampu menjaga kesehatan fungsi sistem pencernaan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat yang cukup tinggi di dalam sayur gambas. Dengan rajin mengkonsumsi sayuran gambas, maka organ pencernaan akan semakin sehat dan ususpun akan lebih ringan menjalankan segala pekerjaannya. Selain itu, serat juga akan membantu penyerapan air di dalam tubuh yang berguna untuk menghancurkan sisa racun atau limbah dalam tubuh dan agar bisa dikeluarkan dalam bentuk tinja dan juga urin.

8. Pencegah Penyakit Hati
Salah sayu khasiat dari sayur gambas yang tidak bisa dianggap sepele dalam dunia kesehatan adalah karena mampu mencegah serangan penyakit hati atau liver. Sayuran gambas memiliki kandungan suatu zat yang berguna untuk mengikat asam empedu dan juga kolesterol yang bermanfaat untuk proses detoksifikasi hati, dan juga mampu mencegah akumulasi timbunan lemak di organ hati ini.

Demikian sekilas informasi mengenai manfaat sayur gambas untuk kesehatan tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketahuilah Manfaat Sayur Gambas Untuk Kesehatan"

Posting Komentar