-->

Ketahuilah Penyebab Nyeri Pada Dada

Ketahuilah Penyebab Nyeri Pada Dada | Nyeri pada bagian dada atau rasa sakit di bagian dada biasanya akan dirasakan oleh penderita dengan sensasi rasa seperti tertusuk yang dapat terasa mulai dari bagian bahu sampai ke tulang bagian rusuk. Meskipun dalam kasus yang langka, rasa sakit akibat nyeri pada dada biasanya akan meluas ke bagian leher, rahang dan juga ke bagian tangan. Jika sampai nyeri dada ini datang pada anda maka jangan pernah mengabaikannya, dan sebaiknya segera lakukan perawatan sesuai dengan gejala yang ada. 

Timbulnya rasa nyeri di bagian dada ini bisa menjadi indikasi adanya penyakit berbahaya seperti penyakit jantung.  Terlebih jika potensi ini didukung dengan adanya permasalahan lainnya seperti hepertensi, obesitas, dan juga kolesterol. Sangat disarankan untuk segera berkonsultasi pada dokter jika anda merasakan sensasi rasa sakit dibagia dada yang terjadi secara konsisten dan justru bertambah buruk dari hari-ke hari. Berikut ini penjelasan mengenai penyebab nyeri pada dada yang harus di ketahui.


Penyebab Munculnya Nyeri di Bagian Dada

1.  Penyebab Umum Atau Ringan Nyeri Dada
Berikut ini adalah penyebab umum dari nyeri dada yang umumnya bersifat ringan, diantaranya adalah sebagai berikut :
- Gangguan disfagia atau kesulitan untuk menelan.
- Infeksi saraf yang bisa menyebabkan ruam.
- Fibromyalgia.
- Penyakit asam lambung serta nyeri di bagian ulu hati.
- Peradangan di dalam jaringan payudara.
- Infeksi herpes zoster.
- Terjadinya gangguan pada kandung empedu.
- Akibat cedera di bagian otot rongga dada.
- Inflamasi pada tulang rawan yang mengaitkan tulang dada dengan tulang rusuk.




2. Penyebab Nyeri Dada yang Tidak Berhubungan Dengan Jantung
- Terjadinya masalah emboli paru atau timbulnya gumpalan darah pada bagian pembuluh darah organ  paru-paru.
- Gangguan Pneumotoraks yaitu adanya udara yang berada di antara kedua lapisan yang berguna untuk membungkus organ paru-paru. Akibatnya paru-paru menjadi mengempis dan akan membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk bernapas.
- Adanya kepanikan dan juga kecemasan yang akan membuat jantung berdetak dengan sangat cepat dan diikuti dengan adanya sesak napas serta munculnya perasaan ketakutan, dan kepanikan yang sangat tinggi.
Apabila sampai hal ini terjadi pada anda maka segeralah berkunjung ke dokter untuk bisa memperoleh penanganan yang tepat.


3. Penyebab Nyeri Dada yang Berhubungan Dengan Penyakit Jantung
Timbulnya nyeri pada bagian dada yang berhubungan dengan penyakit jantung, sebaiknya harus diwaspadai. Penyebab nyeri dada yang berkaitan dengan jantung bisa disebabkan karena adanya serangan jantung dan juga angina.

- Angina
 Angina dapat terjadi di karenakan adanya penyempitan arteri yang membawa darah ke otot jantung, hal ini akan menyebabkan pasokan darah ke jantung menjadi kurang dan terbatas. Karena organ jantung tidak bisa mendapatkan aliran oksigen dalam jumlah yang cukup, maka bisa menimbulkan rasa nyeri di bagian dada. Angina juga dapat ditandai dengan adanya nyeri di bagian dada yang akan muncul saat anda sedang melakukan aktivitas fisik, dan setelah beristirahat kurang lebih selama 20 menit nyeri tersebut akan hilang dengan sendirinya. 

- Serangan Jantung
Serangan jantung juga menjadi salah satu pemicu timbulnya rasa nyeri di bagian dada. Jika pada angina nyeri tersebut dapat hilang dengan sendirinya setelah beristirahat, sedangkan pada serangan jantung, rasa nyeri tersebut akan terus terjadi bahkan setelah pemberian obat untuk angina dilakukan, rasa nyeri tersebut tidak akan hilang. Timbulnya nyeri pada dada yang dakibatkan oleh serangan jantung juga dapat terasa tanpa harus melakukan aktivitas berat  karena hal ini akan terasa di saat anda tertidur atau sedang beristirahat sekalipun. Selain itu, nyeri dada yang disebabkan oleh adanya serangan jantung juga bisa diikuti dengan munculnya gejala lain seperti mual, berkeringat, kesulitan bernapas, muntah, pusing, merasa lemas, dada terasa sangat sakit dan timbul rasa sakit yang terus meluas ke bagian lengan kiri ataupun rahang. Sebaiknya jangan pernah menunda waktu lagi untuk segera pergi ke dokter.

4. Nyeri Dada yang Disebabkan Oleh Adanya Penyakit Perikarditis
Selain serangan jantung, munculnya nyeri di bagian dada juga bisa dikarenakan oleh adanya penyakit perikarditis. Perikarditis merupakan kondisi dimana telah terjadi suatu peradangan di kantong yang berfungsi untuk mengelilingi organ jantung. Rasa sakit di bagian dada akan bertambah parah ketika anda mencoba berbaring dan saat anda mencoba menarik napas.




5. Penyebab Nyeri Dada Karena Adanya Gangguan Diseksi Aorta
Selanjutnya penyebab nyeri dada yang harus di waspadai adalah karena adanya kondisi diseksi aorta. Disaat seseorang mengalami kondisi seperti ini, maka akan sangat mengancam jiwa jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Diseksi aorta merupakan suatu keadaan yang dapat terjadi  di saat lapisan dinding pembuluh darah utama bagi tubuh yaitu aorta ini mengalami pecah atau sobek, yang akhirknya menyebabkan aliran darah keseluruh tubuh menjadi terhambat. Adapun gejala untuk diseksi aorta adalah munculnya nyeri di bagian dada yang begitu hebat, hilang kesadaran, terjadi sesak napas, denyut nadi terus melemah terutama di satu sisi bagian tangan sehingga dapat menyembabkan kelumpuhan pada satu sisi bagian tubuh, yang hampir sama dengan gejala stroke.

Baca juga: Aturan Minum Milagros Untuk Asam lambung

Itulah beberapa penyebab dari nyeri dada yang harus diwaspadai. Sebab biasanya nyeri dibagian dada yang terus diabaikan dapat membuat suatu penyakit menjadi semakin parah. Untuk itu, jika anda merasakan rasa sakit di bagian dada, jangan sungkan-sungkan untuk segera memeriksakan kondisi anda secepatnya pada dokter. Penanganan lebih dini akan membawa tingkat kesembuhan yang tinggi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketahuilah Penyebab Nyeri Pada Dada"

Posting Komentar