Waspadai Macam-Macam Penyakit yang Dapat Menyerang Ginjal

WaspadaiMacam-Macam Penyakit yang Dapat Menyerang Ginjal | Didalam organ tubuh kita terdiri dari berbagai organ tubuh yang dimana setiap organnya memiliki peranan dan fungsi masing-masing yang saling mendukung satu sama lainnya. Apabila salah satu organ tubuh mengalami gangguan, hampir semua sistem organ tubuh yang lainnya akan mendapatkan dampaknya. Salah satu organ vital di dalam tubuh adalah ginjal, yang banyak memiliki peranan untuk menunjang terciptanya kesehatan tubuh, seperti sebagai penyaringan guna mengeluarkan sisa zat hasil metabolisme. 



Organ ginjal ini perlu selalu di jaga dan dilindungi dengan baik, karena ada banyak penyakit dan gangguan yang mengintainya setiap saat. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk selalu memperhatikan kesehatan dari organ ginjal yang kita miliki, jangan sampai masalah ginjal ini menghampiri dan mengganggu kesehatan kita. Selain itu kita juga harus sedikit mengetahui apa saja penyakit yang dapat menyerang organ ginjal, agar kita bisa memiliki pengetahuan yang lebih mengenai organ ginjal kita. 


Berikut ini informasi mengenai macam-macam penyakit ginjal yang bisa kita ikuti selengkapnya di bawah ini

Macam-Macam Penyakit Pada Organ Ginjal

1. Gagal Ginjal
Salah satu penyakit pada organ ginjal yang paling ditakuti karena memang dapat menyebabkan kematian adalah gagal ginjal. Akibat dari penyakit gagal ginjal adalah terjadinya penumpukan urea di dalam tubuh yang jika tidak segera mendapatkan penanganan maka bisa berujung pada kematian. Penyakit gagal ginjal juga bisa menyebabkan hilangnya fungsi dari organ ginjal, baik sebagian atau bahkan bisa benar-benar seluruh fungsinya sudah tidak bisa berjalan lagi. Adapun cara mencegah penyakit gagal ginjal adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat setiap harinya. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung pemanis dan pengawet buatan.

2. Batu Ginjal
Selanjutnya gangguan pada ginjal yang sering sekali dialami oleh banyak orang adalah batu ginjal. Batu ginjal dapat menyerang karena ada banyaknya zat organik dan mineral di bagian organ ginjal. Pada dasarnya batu ginjal ini dapat terbentuk di sebabkan banyaknya endapan garam kalsium pada rongga ginjal, saluran ginjal dan juga kantong kemih. Agar batu ginjal ini dapat ditekan pembentukannya, maka bisa dilakukan dengan memperbanyak asupan air putih setiap harinya, banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A serta B6.


3. Diabetes Melitus
Adapun penyakit yang dapat menyerang kesehatan ginjal selanjutnya adalah diabetes melitus. Ada banyak faktor yang mempengaruhi munculnya penyakit ini, seperti faktor keturunan, obesitas, hipertensi, dan karena adanya pola makan yang kurang sehat. Penyakit diabetes melitus juga disebut dengan penyakit kencing manis yang juga dipengaruhi oleh keterbatasan kadar hormon insulin di dalam tubuh. Apabila jumlah insulin sangat rendah, maka akan menciptakan suatu masalah dalam proses merubah kandungan glokusa menjadi glikogen. Jika hal ini terus terjadi, maka kadar gula dalam darah akan terus mengalami peningkatan.

4. Anuria
Untuk macam-macam penyakit pada ginjal selanjutnya adalah anuria. Akibat dari penyakit anuria ini membuat ginjal tidak memiliki kemampuan dalam memproduksi urin. Faktor penyebab penyakit anuria adalah adanya keterbatasan tekanan yang berfungsi untuk menyaring darah di dalam ginjal. Selain itu anuria juga bisa dipicu oleh adanya masalah radang pada glomerulus yaitu organ yang berfungsi untuk menyaring darah pada ginjal. Dan untuk penyebab utama dari penyakit anuria adalah ketika terjadi penyempitan pada arterial afferent yang disebabkan adanya radang dan hormon epinefrin.

5. Nefritis glomerulus
Nefritis glomerulus merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ vital ginjal. Penyakit nefritis glomerulus atau radang ginjal dipicu oleh adanya reaksi alergi terhadap kandungan racun yang dihasilkan oleh bakteri streptococcus. Akibat gangguan ini dapat mengakibatkan sel darah merah dan juga protein yang ada di dalam tubuh akhirnya bersatu bercampur dengan urine. Segera periksakan kondisi ini pada dokter, agar bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat. Pasalnya jika tidak segera mendapat perhatian, penyakit nefritis glomerulus ini dapat berkembang menjadi gagal ginjal.

6. Sindrom nefrotik
Penyakit pada ginjal salah satunya adalah sindrom nefrotik yang dapat dikenali dengan adanya zat protein yang keluar dalam kadar yang berlebihan di dalam urin. Akibatanya penderita sindrom nefrotik akan selalu mengalami kekurangan kandungan protein di dalam darah. Selain itu, Penyakit sindrom nefrotik juga akan memicu munculnya masalah lain seperti hipertensi, kolesterol tinggi, malnutrisi, penggumpalan darah dan yang lebih parah adalah terjadinya gagal ginjal. Gejala dari penyakit sindrom nefrotik antara lain urin terlihat berbusa, timbulnya pembengkakan di bagian pergelangan kaki, kaki dan area sekitar mata.

7. Albuminaria
Penyakit albuminaria juga dikenal sebagai penyakit pada organ ginjal yang disebabkan oleh adaya kenaikan tingkat permeabilitas membrane glomerulus. Hal ini dapat terjadi karena adanya luka di bagian membran glomerulus yang dikaitkan dengan adanya kenaikan darah, iritasi pada sel-sel organ ginjal akibat eter dan zat beracun lainnya, serta adanya bakteri logam berat. Penyakit albuminaria dapat ketahui dari adanya kandungan protein albumin di dalam urin.

8. Polisistik
Polisistik adalah salah satu penyakit yang akan membuat kerusakan pada saluran ginjal dan menyebabkan tumbuhnya kista di sepanjang saluran organ ginjal. Selain itu, polisistik juga akan menimbulkan kerusakan di bagian tertentu dari ginjal yang memiliki fungsi sebagai penyaring darah. Apabila perkembangan kista tidak segera di mendapat perhatian dan semakin membesar, maka akan memicu masalah gagal ginjal.

9. Bilirubinaria
Selanjutnya jenis penyakit yang menyerang ginjal adalah bilirubinaria. Tanda atau gejala dari penyakit ini adalah berlebihnya zat warna empedu atau bilirubin pada produksi urin. Bilirubinaria sendiri diakibatkan oleh adanya penguraian hemoglobin yang jumlahnya berlebihan dan bisa juga terjadi karena adanya gangguan pada fungsi organ hati.

10. Diabetes insipidus
Selain diabetes melitus, diabetes insipiduspun menjadi salah satu gangguan pada organ ginjal. Terjadinya diabetes insipidus ini dikarenakan tubuh tidak memiliki kecukupan kadar hormon antidiuretik atau ADH, yang akan mengakibatkan keluarnya produksi urine secara berlebihan.

Ada banyak sekali gangguan atau penyakit pada organ ginjal yang dapat menyerang kapan saja. Sehingga penerapan pola hidup sehat sangat disarankan untuk menjauhkan kita dari macam-macam penyakit ginjal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadai Macam-Macam Penyakit yang Dapat Menyerang Ginjal"

Posting Komentar