-->

Berbagai Obat Limpa Bengkak Menurut Penyebabnya Harus Anda Tahu


Berbagai Obat Limpa Bengkak Menurut Penyebabnya Harus Anda Tahu

Limpa bengkak memang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi, kanker, atau pun penyakit hati. Obat limpa bengkak dan cara penanganan yang tepat umumnya akan dilakukan dengan melihat penyakit yang mendasarinya. Contohnya, untuk limpa bengkak yang disebabkan infeksi bakteri, maka dokter akan memberikan resep antibiotik sebagai tindakan pengobatan.

Pembengkakan pada limpa atau splenomegali dalam istilah medisnya ini bisa ditangani dengan berbagai cara, sesuai dengan penyebabnya. Selain pemberian obat – obatan tertentu, terapi radiasi limpa serta tindakan operasi pengangkatan limpa pun bisa jadi pilihan pada saat pembengkakan pada limpa sudah mulai menyebabkan komplikasi yang cukup serius.

Berbagai Obat Limpa Bengkak Menurut Penyebabnya Harus Anda Tahu

Biasanya dokter akan memberikan obat limpa bengkak dan perawatan lainnya pasca mengetahui penyakit penyebab terjadinya bengkak tersebut. Proses diagnosis dilakukan lewat serangkaian pemeriksaan fisik, CT scan, tes darah, dan juga MRI. Perlu Anda tahu, bahwa ada beberapa kondisi medis tertentu yang jadi penyebab utama limpa bengkak, diantaranya :
  • Infeksi virus seperti mononukleosis dan hepatitis, parasit seperti malaria dan schistosomiasis, bakteri seperti tuberkulosis, endokarditis, dan sifilis, serta abses.
  • Trauma atau cidera, misalnya saja karena kecelakaan pada saat olahraga.
  • Kanker, misalnya saja limfoma, leukimia, myeloproliferative neoplasm, dan juga penyebaran kanker dari organ lain.
  •  Sirosis dan penyakit lain yang ada kaitannya dengan organ hati.
  • Berbagai jenis anemia hemolitik, yakni kondisi yang sebabkan sel darah merah hancur.
  • Gangguan metabolisme, misalnya saja penyakit gaucher dan niemann pick.
  • Adanya tekanan maupun pembekuan darah pada bagian pembuluh darah limpa atau hati.

Terapi Hepatitis Dengan Milagros Natural Alkaline Water

Berbagai Obat Limpa Bengkak Menurut Penyebabnya Harus Anda Tahu

Di bawah ini dalah beberapa obat limpa bengkak menurut penyebabnya yang harus Anda tahu :
  • Obat limpa bengkak yang disebabkan infeksi mononukleosis diberikan untuk redakan rasa sakit yang muncul, yakni obat anti nyeri yang aman seperti ibuprofen atau paracetamol, mengkonsumsi banyak cairan, dan istirahat yang cukup.
  • Obat limpa bengkak yang disebabkan infeksi parasit seperti malaria ternyata juga tergantung dari beberapa hal diantaranya jenis parasit yang jadi penyebabnya, tingkat keparahan gejala, lokasi penularan malaria, dan kondisi pasien itu sendiri. Apabila pasien sedang dalam masa kehamilan, maka pengobatannya akan dibedakan dengan pasien yang tidak sedang hamil.
  • Limpa bengkak yang disebabkan infeksi bakteri seperti sifilis dan endokarditis biasanya diberikan obat antibiotik. Untuk obat limpa yang disebabkan oleh hal tersebut, dokter akan memberi antibiotik yang berupa suntikan seperti penisilin.
  • Limpa bengkak disebabkan leukimia atau kanker darah bisa diatasi dengan melakukan kemoterapi, radioterapi, dan juga transplantasi sel punca atau stem cell.
  • Limpa bengkak disebabkan anemia hemolitik bisa diatasi dengan metode pengobatan transfusi darah, kortikosteroid, imunoglobulin intravena, dan operasi pengangkatan limpa atau pun splenektomi. Selain itu, obat penekan kekebalan tubuh, seperti siklofosfamid dan azzathioprine juga bisa jadi obat efektif untuk penderita yang tak membaik dengan pengobatan kortikosteroid. 

Nah, itu tadi berbagai obat limpa bengkak menurut penyebabnya. Penting sekali bagi Anda untuk memahami bahwa obat limpa bengkak semua bergantu pada penyakit yang melatar belakanginya. Oleh karenanya, penting pula bagi Anda untuk lebih mewaspadai gejalanya supaya diagnosis segera didapatkan dan juga diberikan penanganan lebih intensif oleh dokter.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagai Obat Limpa Bengkak Menurut Penyebabnya Harus Anda Tahu"

Posting Komentar