-->

Cara Mencegah dan Mendeteksi Kanker Serviks yang Tepat

Cara Mencegah dan Mendetesi Kanker Serviks yang Tepat

Kanker serviks adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang patut diwaspadai bagi semua wanita di dunia. Penting untuk mengetahui tindak pencegahan dan cara deteksi kanker serviks sejak dini. Kanker serviks ini sendiri merupakan jenis kanekr yang ada di bagian serviks atau leher rahim. Biasanya penyakit tersebut sangat mematikan dan terjadi akibat dari infeksi virus yang bernama Human Papilloma (HPV). Penyebaran virus tersebut biasanya melalui hubungan intim. Ada banyak ditemukan pada wanita yang berusia sekitar 20 – 50 tahun. 

 
Cara Mencegah dan Mendeteksi Kanker Serviks yang Tepat

Cara Mencegah Kanker Serviks

Untuk cegah kanker serviks adalah melakukan vaksinasi HPV mungkin sebelum aktif secara seksual. Vaksinasi tersebut dilakukan khususnya untuk cegah infeksi dari tipe HPV yang banyak sebabkan kanker, yakni HPV 16 dan 18. Selain itu, ada cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk cegah kanker serviks, diantaranya :

Seks aman
Seks aman di sini adalah dengan menggunakan kondom untuk mengurangi resiko terinfeksi HPV. Hindari juga berhubungan intim atau seksual dengan berganti - ganti pasangan, supaya resiko terkena infeksi HPV tersebut dapat diminimalisir dengan baik.

Menghindari kebiasaan merokok
Seorang perokok memiliki resiko 3 – 4 kali lebih besar untuk terkena kanker serviks. Hal tersebut karena membuat sistem kekebalan tubuhnya jadi melemah dalam melawan virus HPV. Selain itu, kandungan karsinogen yang ada di dalam rokok juga bisa buat aktifitas virus ini jadi meningkat, sehingga bisa bergerak lebih cepat menuju sel serviks. 

Mengkonsumsi makanan sehat
Penerapan pola makan sehat juga bisa jadi langkah yang paling tepat untuk mengurangi resiko kanker serviks. Konsumsilah makanan sehat seperti buah dan sayuran setiap harinya. Hindari pula makanan dengan kandungan kalori tinggi dan konsumsi daging olahan untuk mengurangi resiko terkena kanker serviks.

Menjaga berat badan agar tetap ideal
Tak hanya bisa mencegah kanker serviks, menjaga berat badan agar tetap ideal ternyata juga bisa menurunkan resiko kanker jenis lainnya. Menjaga berat badan ini bisa dilakukan dengan cara membiasakan diri lakukan aktifitas fisik atau olahraga yang teratur. Contohnya saja jalan kaki 30 menit per hari, atau aerobik 150 menit per minggu.

Cara Mendeteksi Kanker Servis yang Tepat

Mendeteksi kanker serviks adalah bagian dari upaya cegah akibat yang fatal dari kanker tersebut. Nah, untuk lihat adanya sel – sel yang mungkin saja bisa berkembang jadi kanker, dokter umumnya akan memberi rekomendasi tes pap smear. Selain itu juga ada beberapa tes lainnya yang bisa dijadikan untuk deteksi kanker, diantaranya :

Kolposkopi
Tes umum dilakukan jika ada hasil abnormal dari tes pap smear. Tes yang gunakan alat khusus tersebut akan memeriksa bagian leher rahim, vagina, juga vulya. Apabila ketika tes kolposkopi ditemukan adanya kelainan, maka sampel kecil jaringan akan diambil lagi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di laboratorium.

Tes schiller
Ini dilakukan dengan cara mengoleskan larutan yodium di leher rahim. Tes tersebut berfungsi untuk mengetahui jaringan abnormal yang ada di leher rahim. Apabila sel tersebut sehat, maka akan muncul warna coklat, sedangkan jika sel tersebut tidak normal, biasanya berwarna putih atau kuning.

Kuretase endorseviks
Pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk memeriksa bagian leher rahim yang tak dapat dijangkau ketika tes kolposkopi. Dengan menggunakan alat khusus, lapisan saluran yang tak bisa dijangkau yakni endoserviks akan sedikit dikikis untuk mendapat sampel pemeriksaan. 

Nah, itulah cara mencegah dan mendeteksi kanker serviks yang tepat yang bisa kami informasikan. Gejala kanker serviks ini mungkin saja tak akan segera dirasakan pada tahapan awal atau prakanker. Kemungkinan gejala akan muncul setelah kanker serviks tersebut sudah berkembang. Jadi, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui tindak pencegahan dan cara deteksi kanker serviks tersebut, agar tidak segera mendapat penanganan secara tepat dan cepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencegah dan Mendeteksi Kanker Serviks yang Tepat"

Posting Komentar