Cara Mengatasi Demam Pada Anak Sebelum Berkunjung Ke Dokter

Cara Mengatasi Demam Pada Anak Sebelum Berkunjung Ke Dokter

Untuk saat ini ada banyak sekali berbagai macam solusi yang dapat menurunkan demam pada anak. Jika berkunjung ke dokter, biasanya dokter akan meresepkan obat untuk menurunkan demam anak. Namun sebenarnya tanpa berkunjung ke dokter pun, sebenarnya masih bisa juga dengan berkunjung ke apotik.  Namun beberapa obat tersebut memang akan memberikan efek samping. Oleh karenanya, pentingnya untuk mengetahui cara mengatasi demam pada anak dengan cara alami.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak Sebelum Berkunjung Ke Dokter


Hal yang perlu diperhatikan adalah jika demam anak masih juga belum turun, maka tindakan selanjutnya adalah membawa anak untuk ke dokter. Namun jika demam pada anak tidak terlalu tinggi, berikut ini ada beberapa cara mengatasi demam pada anak  yang bisa dilakukan oleh orang tua.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak Sebelum Berkunjung Ke Dokter

Memandikan anak menggunakan air hangat
Kebanyakan orang tua biasanya pernah mendengar bahwa memandikan anak ketika demam disarankan. Cara mengatasi demam pada anak yang satu ini memang  merupakan cara yang sudah ada dari jaman dahulu. Jika beberapa orang tua masih takut untuk memandikan anak, bisa juga dengan mengelap tubuh anak menggunakan waslap pada seluruh tubuhnya dengan air hangat. 

Memijat
Pijatan juga dapat dilakukan sebagai cara mengatasi demam pada anak. Cara yang  satu ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan – bahan herbal alami yang tidak hanya dapat membantu anak menjadi lebih baik saja, namun juga membuat mereka menjadi lebih tenang. Memijat tubuh anak menggunakan minyak kelapa yang dicampur dengan irisan bawang merah. Bawang merah merupakan bahan alami yang mengandung minyak atsiri dan kandungan lainnya yang terbukti efektif  untuk membantu menurunkan demam pada anak.

Kompres
Tentu saja cara mengatasi demam pada anak satu ini diketahui setiap orang tua. Mengompres merupakan salah satu cara mudah untuk menurunkan demam pada anak. Namun disarankan untuk tidak mengompres anak menggunakan air dingin, lebih baik menggunakan air hangat.  Hal ini dikarenakan air hangat mampu membantu tubuh untuk menyeimbangkan panas pada tubuh sehingga membuat suhu tubuh kembali normal.

Memberi cukup minum pada anak
Hal yang paling berbahaya ketika anak demam adalah ketika anak mengalami dehidrasi. Cara mengatasi demam pada anak disarankan untuk memberikan minum yang cukup, pasalnya minum yang cukup akan membuat tubuh menjadi semakin sering mengeluarkan cairan melalui keringat atau buang air kecil yang membuat demam anak menjadi segera turun.

Makanan pedas
Memberikan makanan pedas pada anak juga dipercaya mampu membantu tubuh anak menurunkan panas, hal ini dikarenakan makanan pedas dapat merangsang tubuh anak menjadi semakin berkeringat dan melancarkan peredaran darah. Namun jika anak tidak suka makanan pedas, bisa juga dengan memberikan sup panas dengan campuran lada sedikit lebih banyak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Demam Pada Anak Sebelum Berkunjung Ke Dokter"

Posting Komentar