-->

Cara Mengolah Kulit Buah Manggis Sebagai Obat Tradisional

Cara Mengolah KulitBuah Manggis Sebagai Obat Tradisional - Buah manggis, bagi kita yang tinggal di Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, buah manggis sendiri merupakan salah satu jenis pohon buah yang banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Pohon dari buah yang memiliki nama latin Garcinia mangostana ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 25 meter, buah yang dihasilkan dari pohon manggis memiliki warna merah keunguan apabila sudah matang dengan daging buahnya yang berwarna putih.

Cara Mengolah Kulit Buah Manggis Sebagai Obat Tradisional


Buah manggis sendiri sering disebut sebagai ratu buah karena rasanya yang memang lezat dan juga mengandung berbagai macam vitamin dan juga mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh, selain itu buah manggis juga merupakan buah dengan kandungan antioksidan yang paling tinggi di dunia. Namun ternyata tahukah Anda jika buah manggis tidak hanya bisa dimanfaatkan daging buahnya saja, tetapi kulit manggis juga dikenal memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, berikut ini akan kami ulas cara mengolah kulit manggis tersebut.

Cara Mengolah Kulit Buah Manggis Sebagai Obat Tradisional


1. Diolah Menjadi Teh
Salah satu cara mengolah kulit buah manggis sebagai obat tradisional adalah dengan diolah menjadi teh, caranya pun tergolong mudah. Anda bisa mencuci kulit buah manggis hingga bersih kemudian dipotong menjadi bagian - bagian kecil dan dijemur di bawah sinar matahari hingga benar - benar kering. Setelah itu Anda bisa menyeduhnya menggunakan air hangat dan ditambah madu sebagai pemanis.

2. Diolah Menjadi Jus
Cara mengolah kulit buah manggis menjadi obat tradisional yang kedua adalah dengan mengolahnya menjadi jus, untuk cara membuatnya pertama siapkanlah kulit buah manggis yang masih segar sehingga tidak liat. Haluskanlah kulit manggis tersebut dengan menggunakan blender dan campurkanlah dengan air secukupnya, Anda juga bisa menambahkan madu atau sedikit gula sebagai pemanis.

3. Ekstrak Kulit Buah Manggis
Cara mengolah kulit buah manggis menjadi obat tradisional yang ketiga adalah dengan membuatnya menjadi ekstrak kulit buah manggis, untuk cara membuatnya cucilah kulit buah manggis hingga benar - benar bersih dan potonglah menjadi tipis - tipis. Setelah itu jemurlah di bawah sinar mtahari hingga menjadi kering sempurna, kemudian Anda bisa menghaluskannya menggunakan blender.



4. Direbus
Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengolah kulit buah manggis menjadi obat adalah dengan cara direbus yang mana cara ini merupakan cara yang paling praktis dan sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa merebus beberapa kulit buah manggis di dalam air hingga mendidih dan airnya berwarna gelap, setelah itu Anda bisa menyaringnya dan menambahkan madu atau gula.

5. Wedang Kulit Manggis
Cara kelima dan terakhir yang juga bisa Anda lakukan untuk mengolah kulit buah manggis menjadi obat tradisional adalah dengan mengolahnya menjadi wedang kulit manggis, Anda bisa menyiapkan beberapa buah kulit manggis yang masih segar kemudian mengerok bagian dalam kulitnya dan taruhlah dalam gelas. Setelah itu Anda bisa menyeduhnya menggunakan air panas dan ditambah gula batu.

Kulit buah manggis memang memiliki banyak sekali khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh di mana Anda bisa mengolahnya dengan beberapa cara yang ada di atas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengolah Kulit Buah Manggis Sebagai Obat Tradisional"

Posting Komentar