-->

Cara Menyembuhkan Cegukan Pada Bayi

Cara Menyembuhkan Cegukan Pada Bayi

Cara menyembuhkan cegukan pada bayi – Bayi, khususnya yang masih berusia 1 tahun kebawah ini memang cukup rentan sekali alami masalah cegukan. Hal yang demikian ini karena adanya reaksi otot – otot diafragma, bukan pernafasan. Reaksi tersebut akibatkan diafragma mengencang secara tiba – tiba tanpa kita sadari, menutup pita suara di bagian kerongkongan, sehingga hasilkan bunyi khas cegukan pada bagian atas tenggorokan. 

Cara Menyembuhkan Cegukan Pada Bayi


Cegukan pada bayi baru lahir atau pun balita biasanya adalah sesuatu yang normal terjadi dan tak berbahaya, jadi Anda sebagai orangtua tak perlu mengkhawatirkan hal ini. Akan tetapi bila masalah cegukan tersebut mulai mengganggu kenyamanan, ada beberapa cara menyembuhkan cegukan pada bayi yang bisa Anda coba. Apa sajakah itu?

Cara Menyembuhkan Cegukan pada Bayi

Mengganti posisi menyusui
Pada saat menyusui sering sekali udara juga ikut masuk ke dalam mulut bayi, hal yang demikian ini ternyata bisa sebabkan terjadinya cegukan. Cara untuk mengatasi dan mengobati cegukan pada bayi baru lahir salah satunya adalah dengan mengubah posisi menyusui, setelah memperbaiki posisi menyusui tersebut diharap bayi Anda tak lagi kemasukan udara bersamaan dengan ASI. Bila cegukan masih saja terjadi, maka hentikan sementara proses menyusui, sebab kemungkinan besar bayi Anda akan tersedak karenanya.



Memastikan posisi menyusui sudah benar
Lebih baik, cek juga posisi menyusui Anda, apa sudah benar atau belum? Posisi menyusu yang tepat ini adalah puting beserta dengan areola atau bagian kulit yang berwarna lebih gelap yang melingkari puting masuk ke dalam mulut bayi, juga diikuti perut bayi berhadapan langsung dengan perut Anda. Bila sudah demikian, maka bayi Anda pun bisa menerima ASI secara perlahan sampai cegukan pun tidak akan terjadi.

Memeluk bayi Anda
Cara lain menyembuhkan cegukan pada bayi baru lahir yang mudah dan sederhana adalah dengan memeluk bayi Anda. Memeluk bayi ini juga dipercaya mampu memberikan rasa tenang pada saat tubuh sih kecil harus alami cegukan yang sedikit mengganggu, umumnya dalam beberapa menit saja cegukan yang dialami bayi Anda akan berhenti dan kembali dalam keadaan normal.

Menepuk punggung bayi
Untuk menyembuhkan cegukan pada bayi Anda juga bisa dilakukan dengan cara menepuk punggung sih kecil. Gendong bayi Anda dengan posisi seperti berdiri, lalu letakkan kepalanya di pundak Anda, kemudian tepuk – tepuk secara perlahan bagian punggung bayi sampai ia bersendawa. Cara tersebut bila terus dibiasakan, cukup ampuh hentikan cegukan dengan cepat.



Memberikan makanan sedikit demi sedikit
Jika bayi Anda sudah mulai konsumi makanan pendamping ASI, untuk menyembuhkan cegukan yang diderita Anda bisa memberikan ia makanan sedikit demi sedikit secara perlahan. Dengan cara ini sih kecil  tidak akan terburu – buru ketika harus menelannya. Apabila cegukan juga disertai dengan muntah, maka segera bawa sih kecil ke dokter, sebab ini biasanya jadi pertanda adanya hal serius yang dialami di perut bayi.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara menyembuhkan cegukan pada bayi. Semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyembuhkan Cegukan Pada Bayi"

Posting Komentar