-->

Gejala Awal Penyakit Sinusitis

Gejala Awal Penyakit Sinusitis - Penyakit sinusitis merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak – anak sampai lansia. Penyakit yang satu ini biasanya dapat menyebabkan penderita tidak dapat bernafas dengan baik karena adanya cairan lendir yang memenuhi rongga sinus. Pada awalnya penyakit sinusitis ini terlihat seperti gejala flu dengan rasa dingin yang menyerang ketika cuaca dingin. Selanjutnya biasanya disertai dengan munculnya beberapa reaksi alergi terhadap debu, cuaca dingin dan kondisi lingkungan yang kurang baik.

Gejala Awal Penyakit Sinusitis

 
Banyak dari para penderita yang tidak menyadari bahwa sebenarnya dia sedang terkena sinusitis. Gejala parah biasanya terjadi setelah 3 atau 4 minggu dari kondisi influenza yang tidak mengalami suatu perubahan, walaupun sudah diobati. Berikut ini beberapa gejala penyakit sinusitis.

Gejala Awal Penyakit Sinusitis

Sakit Secara Terus Menerus Pada Area Sinus
Munculnya rasa sakit yang disebabkan karena adanya infeksi sinusitis memang sangat kompleks. Rasa sakit bisa terjadi pada bagian dahi, hidung, sekitar mata, pipi, gigi dan rahang pada bagian atas. Kondisi rasa sakit ini dapat muncul dalam kurun waktu yang lama dan biasanya hanya akan berkurang sedikit setelah melakukan pengobatan anti inflamasi. 

Keluar Cairan Kuning Kehijauan dan Kental
Terjadinya infeksi dari bakteri atau virus penyebab sinusitis juga dapat membuat perubahan warna cairan atau lendir yang keluar dari hidung. Banyaknya cairan yang keluar tersebut mengalami suatu perubahan warna mulai dari cairan putih bening dan akan berubah menjadi cairan kental kuning kehijauan pada tahap akhir. Gejala penyakit sinusitis ini terkadang membuat beberapa penderita merasa nyeri dan gatal pada bagian tenggorokan belakang sampai telinga.

Hidung Tersumbat
Masalah hidung tersumbat juga dapat menjadi salah satu gejala awal dan tahap lanjut dari penyakit sinusitis. Hal  ini terjadi setelah infeksi virus dan bakteri pada rongga sinus menyebabkan suatu peradangan dan pembengkakan pada rongga hidung. Kondisi seperti ini menjadi tambah parah apabila terapi atau proses perawatannya tidak dilakukan dengan cepat. Untuk beberapa penderita penyakit sinusitis juga dapat mengalami suatu masalah kemampuan hidung untuk mencium aroma atau rasa.

Sakit Kepala Berat
Munculnya sakit  kepala berat juga seringkali dialami oleh para penderita sinusitis karena adanya suatu tekanan peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Hal inilah yang menyebabkan rongga sinus menjadi bengkak sehingga menyebabkan munculnya sakit kepala pada bagian sekitar mata dan rahang atas. Bahkan apabila kondisi ini tidak memperoleh perawatan yang tepat, dapat membuat peradangan menjadi menyebar sampai bagian telinga, sakit gigi dan perasaan berat pada bagian pipi. Terjadinya tekanan yang paling berat biasanya akan terjadi ketika pagi hari. Hal ini terjadi karena ketika malam hari semua cairan akan menumpuk pada salah satu rongga sinus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gejala Awal Penyakit Sinusitis"

Posting Komentar