-->

Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Daun Bayam

Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Daun Bayam - Sayuran bayam berasal dari benua Amerika. Terdapat lebih dari 60 spesies atau varietas bayam yang berbeda. Sebagian daun bayam ada yangdapat dikonsumsi dan juga sebagian nya lagi tidak. Bayam yang bisa dimakan di antaranya Amaranthus Gangeticus yang tumbuh di Amerika dan Amaranthus Tricolor yang tumbuh di Indonesia.

Sampai sekarang,tumbuhan ini sudah tersebar di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. di Cina, bayam (xiancai) yang berwarna hijau dinamakan qing xiang xian, di Indonesia bayam dapat tumbuh sepanjang tahun. Bayam tumbuh tegak atau agak condong, tinggi 80-150 cm, dan beracabang bila sudah berbunga, memiliki batang kecil dan berair. Bayam yang dijual di pasaran dan biasa dikonsumsi sebagai sayuran dikenal dengan bayam cabutan atau bayam sekul.


Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Daun Bayam

Dibawah ini akan membahas, kandungan nutrisi daun bayam, khasiat, Manfaat Daun Bayam, serta cara mengkonsumsi bayam dengan benar.

Kandungan Nutrisi dalam Bayam

Di dalam bayam terdapat kandungan, seperti: Protein (Asam amino lisin dan Mitionin), lemak, karbohidrat, serat, karoten, niasin, folat, amarantin, rutin, dan asam oksalat. Pigmen yang terdapat dalam daun bayam hijau kaya akan klorofil yang termasuk golongan flavonoid (sering disebut bioflavonoid). Klorofil berkhasiat antioksidan yang berfungsi menetralkan gangguan radikal bebas sehingga mencegah DNA sel bermutasi menjadi ganas. Klorofil juga berkhasiat mempercepat penyembuhan luka,adapun bayam merah mengandung pigmen merah.

Khasiat dalam Bayam

Bayam rasanya sedikit manis, pahit, bersifat sejuk. Bayam baik untuk paru-paru berkhasiat mengeringkan lembab, sebagai antioksidan, meningkatkan energi, pereda demam (antipiretik), pembersih darah, dan melindungi jantung.

Secara umum, bayam dapat meningkatkan kerja ginjal dan fungsi hati serta baik untuk pencernaan. Kandungan protein yang tinggi serta kandungan gizi penting lainnya yang terkandung dalam bayam akan memperkuat sistem imun dan juga merupakan sumber energi. Bayam juga termasuk sayuran berserat yang dapat digunakan untuk memperlancar proses buang air besar. Protein yang terkandung dalam daun bayam cukup tinggi ditambah adanya gizi penting lainnya akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga sebagai sumber energi.

Daun bayam digunakan untuk membersihkan darah sehabis bersalin, sakit kuning (jaundice), tekanan darah rendah, dan kurang darah. Akar bayam dapat digunakan untuk pengobatan disentri dan mimisan. Untuk mengolah daun bayam sebagai obat, anda dapat mengkonsumsi nya langsung (cuci terlebih dahulu). Atau anda juga bisa membuat obat dari Manfaat Daun Bayam untuk mengobati beberapa penyakit berikut ini:


·Mengolah daun bayam menjadi obat Demam, Caranya: Ambil 2 daun dan batang bayam dan siapkan satu butir telur ayam (kalau bisa telur ayam kampung), lalu tumbuk halus keduanya. Setelah halus, siapkan ember yang berisi air (secukupnya) dan masukan kedua bahan yang telah haluskan tersebut dan tempelkan pada bagian tempelkan pada bagian dahi atau jidat.

·Mengobati kencing yang bernanah,Langkah-langkah membuatnya: Ambil segenggam akar bayam (dengan bonggolnya) serta adas pulawaras. Lalu rebus keduannya dengan ½ - 1 liter sampai matang (mendidih) dan setelah matang saring obat tersebut dan ambil air nya saja. Minum obat ini pada pagi dan sore hari.

·Mengurangi rasa sakit gigi, Cara membuatnya: Ambil beberapa akar daun bayam secukupnya dan cuci bersih, lalu konsumsi langsung atau anda bisa merebus (setengah matang) terlebih dahulu.

Penelitian dan Fakta unik tentang Bayam

1. Infus daun bayam merah 30% yang diberikan per oral (melalui mulut) dapat meningkatkan secara nyata kadar besi serum, hemoglobin, dan hematokrit pada kelinci yang dibuat kurang darah (anemia). Peningkatan tersebut tidak berbeda jika dibandingkan dengan kelompok kelinci yang diberi sulfas ferosus.

2. Bayam merah mengandung pigmen berwarna merah yang menandakan kandungan flavonoidnya cukup tinggi dan berkhasiat antioksidan.

Cara Memakai atau Mengkonsumsi Bayam

Bagian tanaman yang digunakan adalah daun, batang, dan akar. Untuk obat yang diminum, sediakan 25-30 gram daun bayam segar lalu rebus setengah matang saja (agar Manfaat Daun Bayam nya tidak berkurang) dan dimakan sebagai lalap. Bayam juga dapat diblender untuk diminum bersama ampasnya. Untuk pemakaian luar, giling daun dan tangkai bayam segar sampai halus, lalu tempelkan pada luka akibat gigitan binatang berbisa seperti lipan dan tawon. Perlu diperhatikan untuk penderita rematik dan kadar asam urat darah yang cukup tinggi jangan mengkonsumsi bayam terlalu banyak karena kandungan purin pada bayam cukup tinggi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kandungan Nutrisi Serta Manfaat Daun Bayam"

Posting Komentar