-->

Kandungan Serta Khasiat Dalam Terong Belanda

Kandungan serta Khasiat dalam Terong Belanda - Terong belanda adalah salah satu spesies yang sejenis dengan terong Indonesia. Terong tersebut pertama kali dibawa oleh orang belanda ke indonesia. Pada saat pertama kali orang belanda membawa sayuran tersebut ke indonesia, orang tersebut tertarik dengan kesuburan tanah di indonesia. Berawal dari ketertarikannya, akhirnya orang belanda itu ingin membudidayakan bibit terong belanda tersebut. Setelah dicari lahan untuk mengembangkan bibit tersebut, akhirnya kota bogorlah tempat yang dipilih untuk mengembangkan terong belanda tersebut.

Kandungan serta Khasiat dalam Terong Belanda


Terong belanda memiliki tangkai yang panjangnya dapat mencapai 7 – 10 cm. Pada umumnya warna dari terong belanda adalah merah jambu, biru muda, dan hijau (belum matang). Bentuk terong belanda sedikit mirip dengan tomat.

Terong belanda dapat tumbuh dengan baik di Indonesia pada dataran tinggi (pegunungan) yang tingginya hingga mencapai 1000 – 1700 mdpl.

Ciri-ciri unik dari terong belanda adalah : memiliki mahkota, mempunyai benang sari (5 utas), dan bercuping lima.

Bentuknya : bulat (seperti telur), mempunyai runcing pada ujungnya, bertangkai panjang, memiliki ukuran 5 – 10 cm x 5 cm, dan kelopak daunnya tidak rontok.

Gizi dalam Terong belanda

Terong kaya kandungan serat, mengandung 2,5 g serat per 100 gram. Terong juga merupakan sumber niasin, asam folat, vitamin (A, C, B1, B6) dan mineral (kalium, kalsium, tembaga, magnesium, mangan, fosfor).

Pada bagian kulitnya yang berwarna warna ungu tua kaya akan kandungan flavonoid antosianin bernama nasunin. Nasunin dalam terong belanda memiliki khasiat untuk menangkap radikal bebas dan sebagai antioksidan.

Dengan demikian, nasunin akan melindungi membran sel dari kerusakan akibat serangan radikal bebas. Terong belanda juga mengandung senyawa kimia alami yaitu: solanin, trigonelline, stachydrine, dan shisonin.

Di dalam terong belanda memiliki beberapa gizi berikut

Gizi yang terdapat dalam terong belanda:
-   Dalam 100 gram terong belanda terdapat kandungan air (90 gram)
-   Protein 1 gram
-   Vitamin A dan C (25gram)
-   Karbohidrat 5 – 10 gram
-   Serat 4 gram

Khasiat dalam Terong Belanda

Khasiat Terong Belanda diantaranya : antioksidan, menghentikan perdarahan (buang air besar disertai dengan darah), menurunkan kadar kolesterol, membuang zat besi yang berlebihan bagi orang yang sering menerima transfusi darah (seperti penderita hemophilia dan talamesia), panas tinggi, serta mencegah penyakit jantung koroner.

Daun terong belanda berguna untuk pengobatan kencing yang sakit disertai darah, disentri tinja berdarah, bisul, dan frostbite (rasa nyeri akibat kedinginan).

4 Fakta Terong Belanda


1.Pengamatan yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa nasunin yang terdapat dalam terong dapat melindungi lapisan lemak pada membran sel otak.

2.Nasunin dalam terung juga membantu membuang kelebihan zat besi dari dalam tubuh. Kandungan zat besi yang berlebihan dapat mengakibatkan produksi radikal bebas dan ini berhubungan dengan bertambahnya resiko penyakit jantung dan kanker.

3.Terpenes pada terong belanda juga menurunkan kadar kolesterol darah yang cukup tinggi. Pada hewanyang memiliki kolesterol tinggi diberi jus terong mengalami penurunan kadar kolesterol dalam darah, dinding arteri, dan pada aorta secara cepat.

4.Herbalis di India menggunakan terong varietas putih untuk pengobatan diabetes mellitus dan sebagai peluruh kentut (karmanatif).

Cara Mengolah / Mengkonsumsi Terong Belanda

Salah satu cara yang paling enak mengolah terong belanda adalah membuatnya menjadi Jus. Berikut langkah-langkah untuk membuat jus terong belanda.
Bahan yang dibutuhkan
·         100 gram anggur (apa saja)
·         100 gram terong belanda
·         200 gram yoghurt
·         Madu atau sirup (secukupnya saja)
·         Es batu (yang sudah diserut)

Cara membuatnya :
1.   Masukan semua bahan ke dalam blender (tunggu sampai halus)
2.   Setelah halus,tuang ke dalam gelas
3.  Tambahan madu atau sirup yang sudah disiapkan ke dalam gelas tersebut (tetapi hanya secukupnya saja)

Lalu, jus terong belanda siap anda minum.
Demikianlah tadi ulasan singkat kita kali ini mengenai kandungan serta Khasiat Terong Belanda yang dapat sajikan untuk anda. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan kita akan manfaat baik jenis sayuran yang satu ini. Semoga dapat bermanfaat!
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kandungan Serta Khasiat Dalam Terong Belanda"

Posting Komentar