-->

Makanan Yang Tidak Boleh Anda Makan Saat Stress

Makanan Yang Tidak Boleh Anda Makan Saat Stress - Saat mengalami stress banyak diantara kita yang memilih untuk mengalihkan pikiran kita pada makanan. Namun patut diketahui dong jenk tindakan mengalihkan stress ke makanan justru berdampak buruk bagi kesehatan kita. Seperti yang diutarakan oleh Drew Ramsey, MD (ahli psikiater) yang menjelaskan bahwa makanan yang sebaiknya dihindari kala stresss melanda adalah makanan yang tinggi kandungan garam, lemak, serta manis. Makanan yang tersebut diatas justru akan bereaksi pada otak saat dikomsumsi saat stress.

Makanan Yang Tidak Boleh Anda Makan Saat Stress


Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University menunjukkan bahwa komsumsi rutin makanan tinggi kalori serta lemak di kala stress justru mengakibatkan metabolisme menjadi lambat. Saat hal itu terjadi justru dapat mengakitbatkan kenaikan berat badan. Namun jangan kuatir , ada pula makanan yang justru dapat dikomsumsi saat stress dengan efek menenangkan tetapi tidak memberi dampak buruk bagi kesehatan. Berikut beberapa Makanan Yang Tidak Boleh Anda Makan Saat Stress, diantaranya :

1.Glazed Donat

Glazed Donat merupakan tipe kue donat yang wajib Anda hindari . Mengapa ? karena Glazed donat adalah tipe donat yang mengandung gula tinggi serta dipanggang. Dengan penyajian seperti itu justru akan meningkatkan rasa kecemasan. Tipe glazed donat yang disajikan tanpa serat justru akan memperlambat proses pencernaan gula yang ada. Saat hal itu terjadi justru akan mengakibatkan tingkat kadar glukosa di tubuh menjadi meningkat, dan pada akhirnya memicu peningkatsan hormon stress kortisol.

Makanan Pengganti : Sebagai gantinya di kala stress,  dapat mengkomsumsi oatmeal yang disajikan bersama kayu manis serta madu murni alami. Dengan semangkuk oatmel hangat itu, karbohidrat lezat tersebut justru akan menghasilkan hormon serotin yang membuat Anda merasa bahagia. Oleh karena oatmeal yang terdiri dari serat alami mudah dicerna, maka tidak akan menyebabkan kenaikan gua darah. Anda dapat menambahkan kayu manis secukupnya (kayu manis memiliki manfaat dalam mengatasi rasa frustasi) serta satu sendok teh madu (madu berguna untuk memberi rasa sensasi manis dan peningkatan sistem imun tubuh).

2.Pretzel

Pretzel adalah sejenis makanan berasal dari Eropa yang biasa disajikan dalam bentuk dipanggang yang memiliki rasa manis atau  juga kadang asin. Oleh karena rasanya yang begitu enak membuat banyak penikmatnya menjadi ketagihan. Karena makanan eropa bukan berarti pecintanya menjadi sangat jarang di Indonesia. Di Indonesia cukup banyak orang yang suka membuat Pretzel. Akan tetapi, saat stress, sebaiknya Anda menghindari makanan ini.

Makanan Pengganti : Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba cokelat hitam yang dicampuri dengan kacang almond. Pepatah mengatakan cokelat itu penyembuh benar adanya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di negara Swiss pada tahun 2009 menjelaskan bahwa komsumsi cokelat hitam dapat mengurangi tingkat stress seseorang.  Cokelat juga mampu menurunkan tekanan darah, yang fungsinya sama seperti dengan obat. Ditambah lagi dengan rasanya yang enak. Sementara itu, komsumsi kacang almond juga baik buat kesehatan karena dapat sebagai penambah energi tubuh serta kaya protein. Almond juga tingg kandungan lemak tak jenuh tunggal. Menurut penelitian lainnya karena kandungan itu, komsumsi almond dapat mengurangi depresi.

3.Keripik Kentang

Keripik kentang yang gurih banyak disukai oleh semua kalangan, apalagi kalau lagi stress . Rasanya yang nikmat namun sayang tidak senikmatnya bagi kesehatan. Keripik kentang justru banyak mengandung lemak trans. Riset membuktikan kelebihan lemak trans justru lebih berbahaya dibandingkan kelebihan komsumsi karbohidrat. Penelitian yang dilakukan oleh Wake Forest University menemukan bahwa komsumsi lemak trans yang tinggi justru akan menyebabkan berat badan bertambah utamanya di bagian pertengahan tubuh. Fakta ini tentu sungguh sangat berbahaya bagi kesehatan kita loh .

Makanan Pengganti: Sebagai gantinya  dapat mencoba komsumsi chips kale. Chips kale yang  dapat komsumsi adalah buatan sendiri dengan bahan-bahannya seperti sayur kale, minyak zaitun, dan serta sedikit garam. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa orang-orang yang rajin mengkomsumsi minyak zaitun tiap harinnya akan merasa jauh lebih puas  dan bahagia karena peningkatan hormon serotin dibandingkan mereka yang lebih banyak mengkomsumsi lemak tidak sehat. Buat sayur kale, penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa orang yang mengkomsumsi sayur kale dalam darahnya tinggi kandungan karotenoid (sebuah antioksidan). Karena kandungan tersebut orang yang mengkomsumsi sayur kale akan merasa lebih optimis dalam menjalani hidup ini. Di dalam kale tinggi akan kandungan karotenoid. Sayuran lain yang tinggi karotenoid adalah bayam, wortel, serta ubi jalar.

4.Ice Cream

Seperti yang telah diutarakan sebelumnya, dalam keadaan stress janganlah komsumsi gula serta lemak trans. Nah , Ice Cream mengandung tinggi kadar gula sehingga tidak boleh dikomsumsi saat stress. Gula justru dapat menaikkan kadar glukosa ,kartisol, serta laktosa.

Makanan Pengganti: Sebagai  gantinya  dapat mengkomsumsi yogurt disertai dengan buah. Dalam mengkomsumsi yogurt  sebaiknya mencari yogurt yang rendah lemak. Yogurt tipe ini adalah sumber protein yang baik serta sumber kalsium. Dengan kandungan tersebut, dapat menjadi neurotransmitter yang menjadikan Anda merasa lebih baik. Untuk rasa manisnya dapat berasal dari buah-buahan yang tinggi antioksidan karena dapat sebagai penghilang stress, peningkatan sistem imun, serta peningkatan vitamin C.

5.Minuman Bersoda

Minuman bersoda juga merupakan minuman yang harus dihindari . Penelitian yang dilakukan oleh lembaga Weizmann Institute menemukan bahwa pemanis buatan yang terkandung dalam minuman bersoda dapat memicu bakteri di usus untuk menyebabkan penyakit diabetes serta obesitas.

Minuman penggganti : Sebagai gantinya  dapat mencoba teh hijau. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menerangkan bahwa L-theanine serta asam amini yang terdapat pada teh hijau dapat menenangkan seseorang saat berada dalam tekanan. Teh hijau yang juga mengandung kafein dapat membuat Anda fokus pada ketenangan.

6.Mochacino

Mochacino sudah menjadi primadona di Indonesia dan memiliki banyak penggemar. Sayangnya, mochacino sebaiknya Anda hidari di kala stress juga. Memang telah terbukti bahwa kafein membuat mood seseorang menjadi baik, mendorong aktivitas dopamin di otak, bahkan dapat mengurangi resoki seseorang terkena depresi. Akan tetapi , tipe mochacino lebih banyak mengandung gula yang mempertinggi komsumsi kalori dalam sehari. Oleh karena mengandung gula tinggi dapat memicu Anda ketagihan dan minum terus tanpa mempertimbangkan kalorinya.

Minuman Pengganti: Sebagai gantinya  dapat mencoba untuk komsumsi Smoothie. Smoothie yang merupakan campuran sayur dan buah sangat baik bagi kesehatan. Smoothie sendiri bukanlah minuman yang jarang dikomsumsi di Indonesia karena membuatnya cukup mudah. Cukup campurkan sayur dan buah di dalam blender dan jadilah smoothie segar untuk diminum. Anda dapat membuat smoothie susu kedelai (sangat baik karena mengandung folat yang dapat meningkatkan serotin, disertai cocoa powder tanpa pemanis buatan (fungsinya sama seperti kafein dapat meningkatkan dopamine), ataupun smoothie pisang yang matang ( sangat baik karena tinggi kalium yang dapat menurunkan tekanan darah).

7.Granola Bar

Kue khas Eropa ini banyak disajikan di toko kue ala western di Indonesia. Kue ini terbuat dari kacang-kacangan dan masih banyak campuran lainnya. Namun dari antara bahan pembuatnya Granola Bar hanyalah sebatang kue yang tinggi kandungan gulanya.

Makanan Pengganti : Sebagai gantinya Anda dapat mencoba kacang-kacang dan bijian yang lebih sehat tanpa gula. Anda dapat mencoba resep yang dipadukan dari bahan-bahan seperti kacang pistachio, kacang mete, kacang almon, kenari, dan biji labu. Gabungan bahan tersebut sangat tinggi serat, antioksidan, asam lemak tak jenuh, serta mampu menurunkan tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa kacang pistachio dapat mengurangi seseorang terhadap kecemasan pada saat tes matematika. Omega 3 yang merupakan asam lemak esensial pada kacang kenari ternyata mampu mengurangi depresi. Kandungan selenium pada kacang mete serta almon terbukti mampu membantu memperbaiki suasana hati. Kandungan tryptophan pada biji labu juga mampu merangsang otak dalam memproduksi serotin.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini tentang Makanan Yang Tidak Boleh Anda Makan Saat Stress. Jadi intinya  seperti yang telah diuraikan diatas, saat stress maka sebaiknya  jangan mengkomsumsi segala makanan yang tinggi  kandungan gulanya, lemak, ataupun garam. Sebagai penggantinya dapat mengkomsumsi makanan yang telah diutrakan diatas. Salam sehat selalu yah !.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Yang Tidak Boleh Anda Makan Saat Stress"

Posting Komentar