Penyebab Perut Kembung Yang Sering Diabaikan

Penyebab Perut Kembung Yang Sering Diabaikan - Perut kembung merupakan suatu keluhan yang sangat umum terjadi pada kebanyakan orang. namun terkadang masalah perut kembung ini juga menyebabkan munculnya suatu masalah. Terkadang masalah perut kembung juga menyebabkan sendawa yang panjang dan tidak nyaman di perut.  Keluhan perut kembung yang terjadi dalam kurun waktu yang lebih lama dan menyakitkan, hal ini dapat menjadi suatu kondisi kesehatan yang serius. Tubuh memerlukan asupan makanan yang akan melewati saluran pencernaan mulai dari kerongkongan dan usus sampai pada tahap terakhir. Terkadang sisa pencernaan ini dapat melewati bagian usus besar dan akan keluar bersamaan dengan feses. Namun pada proses ini juga dapat menghasilkan suatu gas yang dapat membuat perut mengalami kembung. Berikut ini beberapa penyebab dasar perut kembung yang sering diabaikan.


Penyebab Perut Kembung Yang Sering Diabaikan
 

Penyebab perut kembung yang sering diabaikan

Ada banyak bakteri dalam usus
Ketika mengunyah makanan, hal ini terkadang tidak semua makanan dapat diproses dalam usus. Beberapa makanan tertentu seringkali tertinggal dalam usus dan bahkan makanan ini juga terkadang tidak bisa diuraikan dengan cepat. Akibatnya, membuat beberapa bakteri dalam usus mencoba untuk melakukan proses fermentasi terhadap makanan tersebut. inilah yang menjadi penyebab perut kembung.
Kurang laktase
Penyebab perut kembung yang sering diabaikan selanjutnya karena kurang laktase. Ketika tubuh tidak mendapatkan laktase dalam jumlah yang cukup, hal ini membuat tubuh menjadi mudah memproduksi gas. Proses ini terjadi pada usus kecil. Usus kecil membutuhkan laktase untuk dapat memecahkan laktosa. Apabila laktosa dalam usus tidak bisa dipecah, maka dapat menyebabkan bakteri membuat fermentasi gula yang menjadi penyebab perut kembung.
Produk susu
Setiap orang memiliki sistem pencernaan yang berbeda satu sama lain. Bebrapa orang dapat mencerna produk susu dengan baik, namun ada pula yang tidak dapat mengkonsumsi susu. Untuk yang tidak dapat mencerna susu biasanya akan memberikan reaksi perut kembung. Gas yang dihasilkan karena usus halus terkadang tidak bisa menyerap produk susu tersebut. Untuk mengantisipasinya adalah dengan berhenti mengkonsumsi produk susu.
Konsumsi gula alami
Berbagai macam jenis buah dan sayuran yang memiliki kandungan gula alami juga dapat menyebabkan perut kembung. Hal ini terjadi karena organ dalam sistem pencernaan memang tidak mampu mencerna makanan tersebut. Kondisi seperti ini seringkali menyulitkan karena kebutuhan nutrisi lain tubuh tentunya bersumber makanan tersebut.
Menelan banyak udara
Ketika tubuh makan atau minum sebenarnya ada udara masuk ikut masuk kedalam tubuh melewati saluran pencernaan. Kondisi seperti ini mungkin tidak akan terasa, namun ketika mencoba untuk makan dalam waktu yang cepat, hal ini membuat perut menjadi tidak nyaman dan membuat udara bercampur dengan makanan atau minuman dalam organ pencernaan. Jadi makan dan  minum terlalu cepat dapat menjadi penyebab perut kembung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Perut Kembung Yang Sering Diabaikan"

Posting Komentar