-->

Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Jantung

Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Jantung - Hidup di jaman serba modern ini, resiko penyakit jantung amatlah riskan bagi masing-masing orang yang kurang memperhatikan cara hidupnya terutama apakah yang bersangkutan memperhatikan pola makan dalam kesehariannya. Menjaga kesehatan jantung bisa dimulai dari menjalani gaya hidup yang sehat. Salah satu yang paling mudah adalah dengan rajin mengonsumsi makanan sehat. Berikut beberapa Tips Memilih Makanan Sehat untuk Jantung yang sebaiknya Anda perhatikan berkaitan dengan makanan yang sebaiknya dihindari dan dikonsumsi untuk mencegah resiko penyakit jantung.

Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Jantung


Konsumsi Makanan

Makanan yang harus dikurangi untuk menghindari resiko serangan jantung:


  1. Kurangi makanan berlemak jenuh tinggi. Lemak jenuh mudah diubah menjadi “kolesterol jahat” yang berisiko menimbulkan penyakit jantung koroner. Taukah Anda bahwa kulit unggas, daging merah / sandung-lamur dan susu murni mengandung banyak lemak jenuh.
     
  2. Kurangi porsi garam. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, waspadai makanan yang mengandung garam dan MSG tinggi.



 Makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi agar tetap sehat dan mengurangi resiko penyakit jantung:

  • Perbanyak makan seafood yang kaya omega-3 dan sayuran/buah-buahan kaya serat dan vitamin. Pilih susu rendah lemak
  • Gantilah snack seperti kacang bawang, kripik, roti kering yang asin dengan snack rendah garam.
  • Kacang Almond kaya akan kandungan vitamin B2 (riboflavin), vitamin E, zinc serta magnesium yang secara keseluruhan akan membuat jantung Anda berada dalam ‘mood’ yang baik. Mengonsumsi almond sebanyak kurang lebih 1/4 cangkir dalam sehari, jauh lebih sehat jika dibandingkan sekantung keripik. Almond yang lezat ini bisa Anda campur pada sarapan oatmeal Anda. Hmm… pasti lezat dan gurih.
  • Makanan Pedas. Dalam sebuah riset di Chinese University of Hong Kong mengatakan bahwa senyawa yang terdapat dalam cabai cayennes, jalapenos dan jenis cabai lainnya dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi kolesterol. Cabai memiliki potensi besar untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung. Zat pedas dalam cabai dapat menurunkan kadar kolesterol buruk dengan mengurangi akumulasi kolesterol dalam tubuh. Selain itu, Capsaicinoids juga bisa membuat otot-otot menjadi rileks sehingga melancarkan aliran darah ke jantung.
  • Kulit Kentang. Biasanya, orang hanya memakan daging kentang saja dan membuang kulitnya. Akan tetapi, ternyata bagian kulit pada kentang memiliki kandungan serat tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida serta mengurangi penimbunan lemak. Kadar kolesterol yang normal dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.
  • Kacang Merah. Kacang-kacangan mengandung protein nabati, vitamin B, zat besi, dan kalsium. Sajian 15 gram kacang merah dalam sup akan sangat membantu melawan kolesterol jahat yang berbahaya bagi kesehatan jantung Anda. Anda dapat membuat sup kacang merah yang dicampur tomat, wortel, seledri dan sedikit merica.
  • Ikan. Sebuah pedoman kesehatan yang disusun oleh European Society of Cardiology dalam konferensi Euro Prevent di Dublin, Irlandia, menjelaskan bahwa makan dua porsi dalam seminggu bisa cegah penyakit jantung. Memakan ikan jauh lebih baik ketimbang mengonsumsi suplemen ikan karena mengandung Omega 3 yang dipercaya menjadi kandungan yang berikan manfaat baik bagi jantung.
  • Sayuran Hijau. Berdasarkan sebuah riset ilmiah di Swedia, sayuran hijau dapat mengurangi peluang serangan jantung hingga 25 persen.

Pola Hidup

Selain memperhatikan dari sisi makanan yang kita konsumsi, hal lain yang perlu kita cermati adalah dari pola hidup kita sehari-harinya.


Apakah kita sudah mengambil setiap kesempatan untuk berolah raga?

Pilih naik tangga dibandingkan naik lift. Anda juga dapat memarkir kendaraan Anda di tempat yang agak jauh agar Anda dapat berjalan kaki lebih lama. Kerjakan sebagian pekerjaan rumah yang biasa diserahkan pembantu, seperti mengepel lantai atau mencuci kendaraan.

Sudahkah kita melakukan tindakan preventif dengan mengendalikan berat badan?

Jaga berat badan Anda agar tidak kegemukan. Bagi anda mengalami obesitas, ikuti program yang dapat menurunkan berat badan Anda secara bertahap. Obesitas membuat Anda lebih rentan terhadap banyak penyakit.

Sudahkah kita mengurangi stress dalam kehidupan kita?

Stress yang tinggi meningkatkan risiko serangan jantung. Ambil waktu untuk bersantai, perbanyak bergaul dengan orang lain yang membuat Anda gembira dan sejenak melupakan beban hidup. Istirahat secukupnya. 

Demikianlah tadi ulasan kita mengenai Tips Memilih Makanan Sehat untuk Jantung yang dapat kita rangkum untuk anda. Semoga dapat menambah wawasan kita dalam menjaga kesehatan jantung kita. Salam sehat selalu!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Jantung"

Posting Komentar