-->

Dermatitis Eksfoliatif Generalisata – Penyebab, Gejala, Cara Mengatasinya

Dermatitis Eksfoliatif Generalisata – Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang terluar yang rentan sekali terserang penyakit. Salah satunya yaitu penyakit dermatitis eksfoliatif generalisata. Dimana penyakit ini merupakan penyakit bagian  kulit yang disebabkan karena hal-hal tertentu yang membuat kulit akan mengalami gatal-gatal secara tiba-tiba dan menimbulkan bekas luka. Bahkan, gejala yang akan ditimbulkan juga akan semakin parah.


Dermatitis Eksfoliatif Generalisata – Penyebab, Gejala, Cara Mengatasinya


Sehingga tak heran, jika banyak sekali orang yang menanyakan mengenai penyakit ini. Apalagi dengan gejala yang ditimbulkannya juga bukan termasuk penyakit yang biasa. Serta biasanya penyakit ini juga menyerang anak-anak. Sehingga bagi para orang tua harus bisa bertindak lebih selektif untuk mengetahui penyakit yang satu ini. Nah, untuk itulah disini kami akan menjelaskan lebih lanjuut mengenai dermatitis eksfoliatifgeneralisata, selengkapnya simak ulasan singkat di bawah ini!

 

Dermatitis Eksfoliatif Generalisata

Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai dermatitis eksfoliatif generalisata yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa penjelasan tersebut diantaranya:


Penyebab Dermatitis Eksfoliatif Generalisata

Dermatitis eksfoliatif generalisata merupakan salah satu penyakit peradangan akut yang menyebabkan seseorang yang mengalaminya akan memunculkan gejala yang mengkhawatirkan. Apalagi penyakit ini juga termasuk penyakit akut atau jangka panjang yang bisa menyerang bagian kulit di bagian tertentu bahkan hingga seluruh tubuh.
Dengan begitu, tentunya Anda juga ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa sebenarnya penyebab dari penyakit ini, sebab penyakit ini juga termasuk penyakit langka yang jarang dialami oleh seseorang. Akan tetapi, penyebab dari penyakit ini biasanya bisa berasal dari dalam dan juga berasal dari luar. Adapun beberapa penyebab tersebut diantaranya: 

Penyebab Dari Luar

  • Diakibatkan karena mengalami dermatitis kontak.
  • Diakibatkan karena mengalami dermatitis atopik.
  • Diakibatkan karena psoriasis.
Penyebab Dari Dalam

  • Obat penicilin.
  • Obat barbiturat.
  • Obat sulfanomid.
  • Obat isoniazid.
  • Dan obat phenitoin.


Gejala Dermatitis Eksfoliatif Generalisata

Dengan penyebab yang sangat banyak tersebut, Anda memang harus bisa mengantisipasi keadaan dengan mengetahui gejala apa saja yang akan ditimbulkan jika Anda mengalami gejala dermatitis eksfoliatif generalisata. Sehingga jika Anda mengalami gejala-gejala ini, sangat disarankan Anda untuk melakukan tindakan cepat dengan segera memeriksakan diri ke dokter. Lalu apa saja gejala yang ditimbulkan jika Anda mengalami dermatitis jenis ini. Adapun gejala yang akan di timbulkannya diantaranya:

  1. Gejala awal yang sering terjadi biasanya penderita dermatitis ini akan mengalami demam disertai dengan mengigil.
  2. Kulit mengalami gatal-gatal dan juga akan muncul sisik di bagian kulit yang gatal.
  3. Warna kulit akan berubah dari merah muda menjadi warna gelap. Setelah itu, akan lebih buruk lagi yaitu dengan  munculnya sisik dengan disertai serpihan tipis yang membuat lapisan kulit menjadi halus dan juga merah.
  4. Umumnya penderita dermatitis ini akan mengalami relaps.
  5. Akan berpengaruh terhadap sistematik seperti gagal jantung kongesif dengan tekanan yang tinggi.
  6. Serta gangguan suhu tubuh yang berlebihan.

 

Cara Mengatasi Dermatitis Eksfoliatif Generalisata

Dengan gejala yang ditimbulkan juga termasuk sangat berat. Sehingga untuk pengobatan yang dilakukan juga dengan menggunakan obat-obatan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar penderita dermatitis ini tidak akan mengalami gejala yang lebih parah dengan timbulnya sisik baru di kulit. Sehingga biasanya dokter akan memberikan antibiotik, cairan intravena, dan mengoleskan jeli minyak untuk melindungi kulit dan mengendalikan suhu tubuh. 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai dermatitis eksfoliatif generalisata yang bisa Anda ketahui. Dengan mengetahuinya, tentunya Anda harus lebih berhati-hati untuk menjaga kesehatan Anda. Dengan demikian, Anda juga akan terhindar dari penyakit yang membahayakan  atau yang tidak membahayakan. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dermatitis Eksfoliatif Generalisata – Penyebab, Gejala, Cara Mengatasinya"

Posting Komentar