-->

Dermatitis Herpetiformis – Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Yang Wajib Anda Ketahui

Dermatitis Herpetiformis – Tahukah Anda jika penyakit dermatitis herpetiformis merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit? dimana kulit menjadi bagian terluar tubuh yang digunakan untuk melapisi bagian-bagian tubuh. Akan tetapi, sayangnya kulit juga sangat rentan sekali terserang penyakit. Salah satunya yaitu penyakit dermatitis herpetiformis, yaitu penyakit yang menyerang bagian kulit dan jarang sekali terjadi. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini juga akan menyerang seseorang. 

Dermatitis Herpetiformis


Adapun, biasanya seseorang yang terserang penyakit ini dengan kisaran umur sekitar 20-60 tahun. Dan akan menimbulkan gejala yang sangat parah hingga membuat kulit akan melepuh, kemerahan dan juga gatal secara berlebihan. Sehingga memang sangat disarankan Anda untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit ini. Nah, untuk itulah disini kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai Dermatitis Herpetiformis, selengkapnya simak ulasan singkat di bawah ini!

 

Dermatitis Herpetiformis

Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai Dermatitis Herpetiformis yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa penjelasan tersebut diantaranya:


Gejala Dermatitis Herpetiformis

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang seseorang. Apalagi rata-rata penyakit ini juga termasuk penyakit yang belum tentu penyebabnya. Sehingga membuat seseorang yang mengalami penyakit ini juga tidak mengetahui secara pasti. Akan tetapi, pada kenyataannya, penyakit Dermatitis Herpetiformis ini menimbulkan gejala yang bisa membuat Anda akan lebih waspada dengan penyakit ini. Lalu apa saja gejala yang bisa dialami oleh seseorang yang menderita penyakit ini. Adapun beberapa gejala tersebut diantaranya:

  1. Gejala yang sering dialami oleh seseorang yang menderita penyakit ini yaitu munculnya ruam kulit akan tampak seperti eksim.
  2. Penderita akan memiliki lesi kulit berupa bekas-bekas garukan dan juga lepuhan-lepuhan kecil pada kulit.
  3. Adanya lepuhan-lepuhan kecil yang gatal, dan banyak ditemukan di bagian anggota tubuh yang sering terlipat. Misalkan seperti siku, lutut, punggung bagian bawah, belakang kepala, dan juga bokong.
  4. Lepuhan yang muncul biasanya akan mnucul secara bertahap dan ada pula yang muncul secara tiba-tiba.
  5. Ruam yang muncul di kulit biasanya memiliki ukuran dan bentuk yang sama pada kedua sisi.
  6. Serta, biasanya penderita Dermatitis Herpetiformis akan sangat merasa gatal dan terasa seperti terbakar.


Penyebab Dermatitis Herpetiformis

Dengan gejala yang sangat mengkhawatirkan tersebut, tentunya banyak yang menanyakan apa sebenarnya penyebab dari penyakit kulit ini. Sebab penyakit ini juga termasuk penyakit yang jarang. Akan tetapi, ternyata penyakit ini juga bisa disebabkan karena tubuh mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten. 

Dimana gluten merupakan protein yang terkandung pada tanaman seperti barley, gandum, roti, dan pasta. Sehingga, gluten ini akan menyerang sistem imun dan menyebabkan penyakit ini akan mencul. Serta biasanya gluten ini akan menyerang bagian usus. Sehingga, jika mengalami penyakit Dermatitis Herpetiformis otomatis si penderita akan mengalami gangguan dengan ususnya.

 

Cara mengatasi Dermatitis Herpetiformis

Menggunakan kulit manggis
Siapa yang tidak tahu dengan buah manggis, buah ini termasuk buah yang banyak memiliki khasiat dan banyak digunakan untuk pengobatan untuk penyakit. Terutama pada bagian kulitnya. Salah satunya yaitu untuk mengobati Dermatitis Herpetiformis. Dimana dengan kandungan xanthone yang ada di dalam kulit manggis lah yang menjadikan kulit manggis bisa dijadikan sebagai obat.
Menggunakan daun sirsak
Selain dengan menggunakan kulit manggis, daun sirsak juga bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit yang satu ini. namun demikian, jika menggunakan bahan alami, Anda harus bisa membiasakan diri untuk mengkonsumsinya dengan teratur. Tak terkecuali dengan menggunakan daun sirsak ini. sebab daun sirsak ini juga sangat ampuh untuk mengatasi penyakit Dermatitis Herpetiformis

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai Dermatitis Herpetiformis yang bisa Anda ketahui. Dengan mengetahui secara lengkap mengenai penyakit tersebut. Tentunya, Anda memang sangat disarankan untuk selalu menjaga kesehatan dengan baik. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dermatitis Herpetiformis – Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar