-->

Dermatitis Kontak – Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobatinya

Dermatitis Kontak – Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, tentunya bagian tubuh juga akan mengalami sentuhan langsung apalagi bagian kulit. Akan tetapi, tahukah Anda jika kulit yang mengenai suatu zat bisa menyebabkan penyakit? Salah satunya yaitu penyakit dermatitis kontak. Dimana penyakit ini menyerang bagian kulit yang mengalami kontak langsung dengan zat tertentu yang bisa membuat kulit akan mengalami gejala. 

Dermatitis Kontak – Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobatinya


Sehingga, tak heran jika seseorang yang mengalami penyakit ini akan mengalami gejala-gejala yang akan membuat penderita akan merasa tidak nyaman. Sehingga penyakit ini juga termasuk penyakit yang harus diatasi dengan cepat. Nah, untuk itulah disini kami akan menjelaskan dengan lengkap mengenai dermatitis kontak, dengan simak ulasan singkat berikut ini!

 

Dermatitis Kontak

Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai dermatitis kontak yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa penjelasan tersebut diantaranya:


Penyebab Dermatitis Kontak

Seperti yang telah Anda ketahui dan dibahas sebelumnya, bahwa dermatitis kontak merupakan salah satu keadaan dimana seseorang mengalami inflamasi dan iritasi kulit yang disebabkan karena seseorang pernah menyentuh oleh zat-zat yang bisa merusak kulit. Sehingga membuat kulit akan mengalami perubahan dan akan muncul ruam-ruam atau melepuhnya kulit yang akan membuat kulit Anda juga akan mengalami gangguan. Sehingga Anda memang harus bisa menjaga kesehatan kulit Anda dengan zat-zat yang bisa membahayakan kesehatan kulit Anda. Akan tetapi, ada pula beberapa zat yang umumnya menjadi penyebab dari penyakit dermatitis kontak ini. Adapun beberapa penyebab zat tersebut diantaranya:

  1. Obatan-obatan oles.
  2. Logam seperti nikel atau kobalt pada perhiasan.
  3. Karet termasuk lateks.
  4. Hena hitam atau tato kulit.
  5. Zat yang terbawa udara seperti aromaterapi dan obat nyamuk semprot.
  6. Serta produk kulit yang mengalami reaksi atau gejala jika terkena paparan sinar matahari langsung.
  7. Dan, bahan kosmetik seperti pengawet, parfum, dan pengeras cat kuku.


Gejala Dermatitis Kontak

Dengan mengetahui penyebab dari dermatitis kontak tersebut, tentunya Anda juga harus mengetahui lebih lanjut mengenai gejala apa saja yang akan ditimbulkan jika Anda mengalami dermatitis kontak ini. Sebab sebagian orang banyak yang menganggap bahwa dermatitis kontak ini merupakan salah satu gangguan kulit yang tidak berbahaya. Padahal jika tidak segera diatasi, ruam yang ada di daerah kulit akan semakin menyebar pada kulit yang lainnya bahkan akan menjalar pada seluruh tubuh. Sehingga memang Anda harus bisa mengatasinya dengan cepat dan juga tepat. Lalu sebelum Anda mengatasinya, Anda juga harus mengetahui gejala apa saja yang akan ditimbulkan jika seseorang mengalami dermatitis kontak. Adapun gejalanya diantaranya:

  1. Penderita akan mengalami gatal-gatal.
  2. Kulit akan melepuh.
  3. Kulit akan kering, bersisik, dan terkelupas.
  4. Sensitif terhadap matahari.
  5. Pembengkakan pada bagian mata, daerah wajah, atau selangkangan.
  6. Kulit akan mengalami kemerahan.
  7. Serta,kulit yang mengalami kontak lansung akan mengalami gatal-gatal yang sangat luar biasa.

 

Cara Mengobati Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan karena kulit mengalami paparan zat tertentu yang membuat kulit akan mengalami gangguan. Dimana gejala awalnya akan gatal-gatal dan menimbulkan ruam-ruam yang bisa membuat kulit akan mengalami merah-merah bahkan melepuh. Sehingga pengobatan atau cara mengatasinya Anda harus bisa melakukan perawatan anti gatal seperti krim hidrokortison atau dengan memberikan krim steroid sesuai dengan resep dokter. Sehingga bisa mengatasi dermatitis kontak yang Anda alami. 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai dermatitis kontak yang bisa Anda ketahui. Dengan mengetahuinya, Anda juga akan mengetahui secara pasti gejala, penyebab dan juga cara mengatasinya. Sehingga jika Anda merasakan gejala seperti di atas,  maka sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dermatitis Kontak – Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar