-->

Jenis Makanan dan Minuman Perusak Gigi

Jenis Makanan dan Minuman Perusak Gigi - Gigi merupakan suatu bagian kecil yang keras dan terdapat pada rahang atas dan rahang bawah setiap manusia, setiap gigi yang dimiliki oleh manusia tertanam di dalam gusi yang mana akar dari gigi tersebut menembus garis gusi dan masuk ke dalam tulang rahang. Total jumlah gigi yang dimiliki oleh setiap manusia dewasa yang normal berjumlah 32 buah yang terdiri dari beberapa jenis gigi yakni gigi seri, gigi taring, gigi geraham kecil, gigi geraham besar, dan gigi bungsu yang memiliki fungsi yang berbeda.

Jenis Makanan dan Minuman Perusak Gigi


Setiap gigi yang dimiliki manusia memiliki beberapa lapisan dengan ketebalan yang berbeda - beda, lapisan tersebut yakni enamel dan dentin. Gigi sendiri merupakan bagian mulut yang sangat penting peranannya yakni untuk menghaluskan dan menghancurkan makanan agar lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu gigi juga sangat mempengaruhi penampilan, namun tidak semua orang memiliki gigi yang sehat, kuat, dan putih. Sebagian orang mengalami kerusakan gigi yang diakibatkan oleh beberapa makanan dan minuman sebagai berikut.

Jenis Makanan dan Minuman Perusak Gigi

1. Kopi
Jenis minuman perusak gigi yang pertama adalah kopi, jenis minuman yang satu ini meskipun rasanya membuat Anda ketagihan namun ternyata memiliki sifat asam yang cukup tinggi. Kandungan sifat asam yang tinggi pada kopi inilah yang akan merusak gigi Anda, oleh karena itu jika Anda adalah seorang penggemar kopi maka sebaiknya Anda menyikat gigi Anda setelah meminum kopi tersebut.

2. Buah - buahan Asam
Buah - buahan asam menjadi salah satu jenis makanan yang juga bisa merusak gigi Anda, meskipun buah - buahan merupakan makanan sehat yang banyak djadikan sebagai menu diet namun ternyata buah - buahan ini juga memiliki sifat asam. Kandungan asam yang tinggi pada buah - buahan ini akan bisa merusak lapisan terluar ataupun email gigi sehingga Anda perlu menyikat gigi setelah memakannya.

3. Minuman Bersoda
Jenis minuman ketiga yang juga dapat merusak gigi Anda adalah minuman bersoda, seperti yang Anda ketahui bahwa minuman bersoda merupakan minuman yang kurang sehat. Minuman bersoda sendiri merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki sifat asam yang sangat tinggi sehingga dapat merusak gigi Anda, oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk menahan minuman bersoda di dalam mulut.

4. Yoghurt
Yoghurt menjadi salah satu jenis makanan dan minuman yang juga membuat gigi cepat rusak, meskipun yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh namun yoghurt juga memiliki kandungan sifat asam yang cukup tinggi. Tingginya sifat asam pada yoghurt akan membuat lapisan email pada gigi Anda menjadi terkikis yang nantinya akan memperparah kerusakan gigi.

5. Roti
Jenis makanan kelima yang juga bisa merusak gigi Anda adalah roti, jenis makanan yang satu ini memiliki sifat yang lengket sehingga akan mudah menempel pada gigi jika  dikonsumsi. Makanan yang menempel pada gigi ini lama kelamaan akan membentuk plak dan meningkatkan resiko terjadinya karang gigi sehingga jika tidak lekas dibersihkan akan dapat merusak gigi Anda.

Beberapa jenis makanan dan minuman di atas dapat merusak gigi sehingga jika Anda mengkonsumsinya maka sebaiknya Anda segera menyikat gigi hingga bersih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Makanan dan Minuman Perusak Gigi"

Posting Komentar