-->

Penyebab Telapak Tangan Sering Berkeringat

Penyebab Telapak Tangan Sering Berkeringatkecenderungan untuk berkeringat secara berlebih ada setiap orang berbeda-beda. Ada yang cenderung lebih berkeringat di wajah, ataupun di telapak tangan. Untuk kasus berkeringat di telapak tangan, biasanya dalam dunia medis dinamakan dengan istilah hiperhidrosis. Keringat memang suatu kode tersendiri dalam tubuh untuk menstabilkan mekanisme tubuh ketika terjadi sesuatu yang kurang normal. Misalnya ketika suhu udara naik, maka syaraf akan secara otomatis memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat, guna menstabilkan suhu tubuh.

Penyebab Telapak Tangan Sering Berkeringat


Untuk tangan yang berkeringat pun juga demikian. Akan tetapi jika tangan anda seringkali mengalami berkeringat, maka sangat perlu ditelisik lebih dalam lagi penyebab utamanya, karena bisa jadi ini merupakan salah satu sinyal negative yang diberikan oleh tubuh anda. lantas sebenarnya apa saja penyebab telapak tangan sering berkeringat? Berikut ini adalah penjelasan mengenai penyebab telapak tangan sering berkeringat yang perlu untuk anda ketahui.

Penyebab telapak tangan sering berkeringat

1.    Sistem saraf simpatik yang hiperaktif
Saraf simpatik berfungsi mengelola respon dalam tubuh. Sistem saraf simpatik ini ketika dalam kondisi normal, maka akan bisa aktif untukmengelola stressor ketika sedang dalam kondisi cemas, takut ataupun grosi. Akan tetapi jika sistem saraf ini mengalami gejala hiperaktif, maka hasilnya akan muncul keringat pada telapak tangan, walaupun sedang tidak mengalami ketakutan, grogi atau kecemasan secara berlebihan.

2.    Faktor genetika
Genetic juga sangat memiliki peranan sebagai salah satu penyebab telapak tangan sering mengalami berkeringat. Hal ini merupakan wajar jika anda memiliki genetic ayah atau ibu yang memang terbiasa sering berkeringat tangannya. Hal ini masih terbilang wajar, bukan sesuatu yang berbahaya bagi tubuh anda. 

3.    Pembakaran berlebih pada tubuh
Kelebihan hormone tiroid pada darah yang berlebihan juga bisa menyebabkan anda mengalami telapak tangan yang berkeringat. Hal ini dikarenakan terdapat pembakaran yang berlebihan pada sel tubuh, sehingga degup jantung pun akan semakin cepat. Biasanya banyak yang beranggapan bahwa hal ini merupakan gejala dari penyakit jantung, akan tetapi hal ini belum bisa secara pasti untuk disimpulkan terlebih dahulu. Perlu pemeriksaan dokter untuk lebih lanjutnya lagi.

4.    Stress yang berlebihan
Hal ini merupakan salah satu penyebab utama mengapa tangan bisa sampai sering berkeringat. Bisa jadi anda sedang mengalami masa stress yang terlalu berlebihan. Rangsangan emosional yang berlebihan dari pihak luar, dan juga penerimaan stress yang terlalu emosional menyebabkan telapak tangan berkeringat ketika dalam kondisi terjaga. Hal ini biasanya disebut sebagai focal hyperhidrosis. Biasanya yang sering mengidap focal hyperhidrosis ini adalah remaja yang berusia kurang dari 20 tahun. Maka dari itu, belajarmengelola stress dengan baik tentunya bisa mencegah dari telapak tangan yang basah karena seringnya berkeringat.

Itulah beberapa penyebab tangan sering mengalami berkeringat. Memang sangat mengganggu kinerja anda, dan jika terlalu sering berkeringat walaupun tidak sedang dalam kondisi gugup atau tertekan, anda perlu berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut untuk mengantisipasi hal-hal diluar kemungkinan yang bisa saja terjadi. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Telapak Tangan Sering Berkeringat"

Posting Komentar