-->

√ Cara Meningkatkan Penjualan Usaha Kecil Melalui Sosial Media

Cara Meningkatkan PenjualanFakta menunjukan bahwa tujuh dari sepuluh orang dewasa menggunakan situs sosial media. Dengan fakta ini, sosial media sekarang ini sangat membantu meningkatkan sebuah bisnis untuk berkembang dan mendapatkan banyak pelanggan.

Cara Meningkatkan Penjualan Usaha Kecil Melalui Sosial Media
Cara Meningkatkan Penjualan Usaha Kecil Melalui Sosial Media


Anda bisa dapat dengan mudah membuat halaman sosial media baik di facebook, instagram, twitter dan lainnya untuk bisnis Anda. Kemudian membuat konten di sosial media yang berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan. Yang Anda butuhkan hanya sedikit pengetahuan untuk cara posting status, upload foto dan video, serta cara untuk mencari follower di akun sosial media. Sehingga Anda dapat menjangkau pelanggan yang lebih banyak dan bisa interaktif dengan pelanggan.

Baca juga: 

Bagaimana situs website bisa muncul di halaman pertama mesin pencari?


Cara memulai bisnis online dari nol

Memilih platform sosial media yang tepat sangat penting karena ini bisa menjadi kontak pertama pelanggan dengan perusahaan Anda. Untuk membantu Anda memulainya, berikut adalah 5 tips yang harus Anda ikuti:

Cara Meningkatkan Penjualan Usaha Kecil Melalui Sosial Media

1. Identifikasi tujuan

Anda perlu mempertimbangkan dengan cermat apa tujuan bisnis Anda, dan apa yang ingin Anda capai di sosial media. Beberapa tujuan umum untuk bisnis kecil meliputi:

  • Branding
  • Menarik pelanggan baru
  • Berkomunikasi dengan pelanggan
  • Mendukung dan menghasilkan pendapatan

2. Identifikasi dan pahami objeknya

Anda harus tahu persis siapa pelanggan Anda dan apa yang mereka butuhkan. Pertanyaan-pertanyaan berikut berguna untuk membantu mengidentifikasi audiens Anda:

Baca juga: 

Apa itu SEO? Apakah SEO Penting Untuk Sebuah Blog dan Website?

  • Siapa yang ingin Anda jangkau? Misalnya, apakah Anda memiliki toko ritel yang target pelanggannya adalah kaum muda berusia 18-25? Atau ingin menjangkau kerjasama B2B?
  • Apa kebutuhan mereka? Pada dasarnya, manfaat apa yang akan mereka peroleh dari produk dan layanan yang Anda jual atau tawarkan? Masalah apa yang bisa Anda bantu selesaikan? Manfaat apa yang dapat Anda berikan pada akun sosial media yang Anda miliki?
  • Mengidentifikasi audiens dan mengetahui kebutuhan mereka inginkan tidak hanya membantu Anda dalam memilih platform media sosial yang tepat, tetapi juga membantu Anda dalam membuat konten atau produk yang tepat.
Bisnis online terbaru

3. Pilih sosial media yang paling cocok

Setelah Anda mengidentifikasi audiens utama, pertimbangkan sosial media yang paling tepat untuk menjangkau pelanggan Anda.

Sebagai seorang pemula di sosial media, kami sarankan Anda hanya memilih satu platform media sosial untuk mewakili bisnis Anda. Dengan membatasi penggunaan sosial media yang dikelola akan membantu Anda agar tidak kewalahan melayani interaksi pelanggan dan Anda akan belajar untuk menggunakan sosial media dengan lebih efektif.

4. Berikan konten berkualitas

Konten berkualitas adalah kunci sukses meningkatkan penjualan di media sosial, sehingga Anda perlu menyesuaikan apa yang diinginkan pelanggan atau pengikut sosial media yang Anda miliki. Caranya :

✅ Identifikasi 3-5 topik utama untuk dijadikan konten pada sosial media yang Anda miliki.
✅ Tentukan konten seperti apa yang akan diupload, berdasarkan analisa pengikut akun sosial media yang Anda miliki, apakah dalam bentuk gambar, video, berita, daftar top 10, grafik, dll.
✅ Buat jadwal posting konten yang teratur dan konsisten.

Baca juga: 

4 Tren Sosial Media Marketing Yang Akan Trend di 2019

5. Kelola waktu Anda

Pemasaran melalui sosial media harus bisa mengatur waktu Anda dengan tepat. Jika Anda belum bisa mengelola dan mengatur waktu untuk menggunakan sosial media untuk meningkatkan penjualan, mungkin Anda akan menghabiskan banyak waktu di sosial media dan banyak pekerjaan lain yang ditinggalkan, karena itu Anda harus :

Daftar bisnis online

➠ Posting secara teratur : Cara terbaik untuk memastikan konsistensi posting di akun sosial media adalah dengan menjadwalkan posting harian, mingguan, atau bulanan secara teratur pada jam-jam tertentu. Misalnya saja Anda akan memposting artikel, foto atau video setiap 2 jam sekali dalam sehari dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Jadi Anda akan menghabiskan waktu seharian untuk melayani pelanggan. Atur jam kerja Anda seperti jam kerja kantor agar lebih efektif dan efesien.

➠ Gunakan tools : Ketika Anda ingin menggunakan lebih banyak platform media sosial untuk meningkatkan penjualan, Anda mungkin akan mempertimbangkan untuk menggunakan tools untuk membantu Anda mengelola akun sosial media agar lebih mudah dan praktis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Cara Meningkatkan Penjualan Usaha Kecil Melalui Sosial Media"

Posting Komentar