-->

√ Segmentasi Pasar - Untuk Membantu Anda Memperoleh Dan Menumbuhkan Pangsa Pasar

Segmentasi Pasar - Anda tidak perlu membeli pangsa pasar, namun Anda perlu belajar cara mendapatkan pangsa pasar. Segmentasi pasar adalah salah satu fungsi dalam rencana pemasaran keseluruhan yang akan membantu Anda mendapatkan bagian dari pasar. Dengan mensegmentasi pasar Anda menjadi pembeli atau kelompok pembeli yang lebih bertarget, Anda akan dapat meningkatkan penjualan yang ada dan membangun penjualan baru; dan menumbuhkannya tanpa memotong harga. Tujuan segmentasi pasar adalah untuk menargetkan 'yang paling mungkin membeli' dan memahami target pasar Anda dengan cukup untuk fokus pada apa yang dibutuhkan.

Segmentasi Pasar
Segmentasi Pasar

Ada beberapa tingkat segmentasi pasar yang berbeda:

  • Pemasaran massal
  • Pemasaran segmen
  • Pemasaran niche
  • Pemasaran lokal
  • Pemasaran orang ke orang atau langsung, setiap tingkat memiliki atribut yang berbeda.

Dalam pemasaran massal, Anda menghasilkan satu produk yang melayani semua pasar dan yang dapat diproduksi secara massal dan didistribusikan secara massal. Misalnya, klip kertas atau penjepit kertas, yang dapat diproduksi secara massal, didistribusikan secara massal dan dapat melayani semua pasarnya (bisnis, keuangan, sekolah, dll).

Baca juga: 

Tren Periklanan Digital Di Tahun 2019 Yang Terbaik


Dalam pemasaran segmen, produk Anda dapat menarik pembeli di berbagai kelompok atau segmen. Segmen pembeli ini memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa. Segmen ditentukan dengan menilai kriteria tertentu. Misalnya, pola penggunaan produk, demografi, psikografi, dan geografi dan masih banyak lagi. Manfaat segmentasi pasar daripada pemasaran massal adalah Anda dapat mempersempit (memfokuskan) penawaran produk untuk secara khusus memenuhi kebutuhan segmen pasar yang telah Anda tetapkan sebagai pasar primer, sekunder, atau tersier Anda. Unsur-unsur lain dari bauran pemasaran; harga, promosi, dan distribusi juga dapat lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar.

Dalam ceruk pemasaran, Anda akan mempersempit segmen pasar lebih jauh untuk menemukan pasar yang lebih kecil yang kurang diisi oleh pesaing dan yang kurang terlayani oleh orang lain. Untuk menemukan ceruk pasar Anda, nilai segmen pasar untuk kebutuhan dan keinginan yang sama dan bagi segmen menjadi ceruk yang lebih kecil. Untuk melakukannya dengan baik dalam ceruk pemasaran Anda harus memahami pelanggan Anda dengan sangat baik dan Anda harus dapat memahami bisnis mereka, atau kebutuhan dan keinginan mereka dengan cukup baik untuk memberikan solusi. Mengkhususkan diri dalam ceruk pasar seringkali menghasilkan biaya yang lebih tinggi (bukan skala ekonomi yang Anda temukan dalam pemasaran massal, dan bahkan sampai tingkat tertentu, dalam pemasaran segmen), dan juga keuntungan yang lebih tinggi jika pelanggan mengenali dan menerima nilai yang dibawa produk Anda.

Dalam pemasaran lokal, Anda akan fokus pada area atau wilayah lokal untuk memasarkan produk Anda. Ini tidak berarti bahwa produk Anda tidak dijual secara global, itu berarti Anda berfokus pada membangun program pemasaran atau taktik yang memenuhi kebutuhan dan keinginan area lokal untuk produk Anda. Misalnya, berbelanja di 212 Mart, Alfamart biasanya berada di pinggir jalan sehingga tampilan etalase toko besar dan dramatis; saat berbelanja di Ramayana, Matahari sering terjadi di dalam mall karena kondisi cuaca, menghasilkan etalase toko yang lebih kecil di dalam mall dan tampilan skala yang lebih kecil.

Baca juga: 

Strategi Internet Marketing Untuk Pemula yang Harus Diketahui


Pemasaran orang ke orang atau biasa disebut Door to Door atau langsung adalah strategi segmentasi pemasaran terbaru dan itu berasal dari pendekatan segmentasi yang disebut pemasaran individu. Pemasaran Door to Door adalah satu segmen, dibandingkan dengan banyak segmen. Membangun konsep pemasaran Anda difokuskan pada bagaimana mengidentifikasi kebutuhan satu individu dan bagaimana menargetkan yang satu itu dalam rencana pemasaran Anda. Agar berhasil dalam pemasaran langsung, Anda harus dapat mengumpulkan atau memperoleh data tentang perilaku, kebiasaan, dan sikap pembeli individu (banyak program kartu loyalitas mengumpulkan jenis data itu). Teknologi komputer telah memungkinkan segmentasi pasar jenis ini.

Untuk mengidentifikasi segmen pasar Anda, Anda perlu melakukan survei penelitian, mungkin dengan menggunakan kelompok fokus atau teknik wawancara eksplorasi lainnya; Anda perlu menganalisis data yang Anda kumpulkan; dan kemudian Anda perlu mengembangkan profil setiap segmen yang Anda identifikasi. Ketahuilah bahwa segmentasi pasar konsumen dan bisnis menggunakan pendekatan yang agak berbeda untuk mencerminkan perbedaan pasar konsumen dan bisnis.

Setelah Anda mengidentifikasi segmen pasar Anda, Anda harus mengevaluasi dan memilih segmen dan pendekatan pemasaran target yang paling cocok untuk produk Anda, dan untuk tujuan, strategi, dan sumber daya bisnis Anda. Sasaran pertumbuhan bisnis kecil Anda dapat didukung oleh pendekatan segmentasi pasar yang kuat.

4 Metrik Segmentasi Pasar Utama

Segmentasi pasar merupakan prinsip yang sangat sederhana untuk dipahami. Memahami 4 metrik segmentasi pasar utama yang tercantum di bawah ini adalah sesuatu yang harus Anda dan perusahaan Anda pahami untuk menghasilkan penjualan dan arus kas dengan cepat. Sebelum kami mengidentifikasi dan mengklarifikasi 4 metrik segmentasi pasar utama ini, mari kita tinjau apa itu segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah tindakan membagi pasar menjadi kelompok atau kelompok orang yang memiliki kebutuhan serupa di dalam kelompok, tetapi kebutuhan yang berbeda di seluruh kelompok. Cara lain untuk menyatakan ini adalah bahwa setiap orang di grup A mirip dengan orang lain di grup A tetapi semua orang di grup A berbeda dengan semua orang di grup B. Hal yang sama juga berlaku untuk grup B. Semua orang di grup B mirip dengan semua orang di grup B tetapi mereka, semua orang di grup B, berbeda dari semua orang di grup A.

Tujuan analisis segmentasi

Tujuannya kemudian adalah untuk membagi calon pelanggan potensial Anda ke dalam kelompok-kelompok dan kemudian memutuskan perusahaan mana dalam kelompok-kelompok itu yang paling cocok untuk produk Anda. Anda juga dapat menentukan setelah mendefinisikan segmen pasar dan membandingkan segmen-segmen tersebut dengan data riwayat penjualan sebelumnya bahwa pelanggan ideal adalah mereka yang dapat menjadi bagian dari dua atau lebih dari kelompok. Oke, apa sajakah cara kita dapat mendefinisikan grup?

Segmentasi Geografis - Segmentasi geografis digunakan untuk mengidentifikasi pasar target bisnis berdasarkan di mana bisnis tersebut berada. Apakah klien potensial di dalam kelurahan dengan kode pos tertentu, kota, kabupaten, negara, negara yang sama? Jika Anda seorang kontraktor atap misalnya, Anda mungkin memutuskan bahwa semua orang di kode pos 12345 adalah prospek yang baik untuk bisnis Anda karena hujan es baru-baru ini dalam kode pos itu. Namun, semua orang di kode pos 67890 bukan prospek yang baik karena penduduk tersebut belum memiliki hujan es dalam 8 tahun.

Segmentasi berdasarkan Ukuran - Ukuran dapat diukur dalam hal jumlah karyawan atau dalam hal penjualan tahunan. Anda mungkin menjual ERP software solution dengan biaya yang diterapkan sebesar Rp 500.000.000. Oleh karena itu, Anda dapat dengan cepat mengesampingkan bisnis apa pun dengan penjualan kurang dari Rp 1.000.000 karena Anda akan tahu bahwa perusahaan sekecil itu tidak akan pernah mendapat manfaat dari software solution yang kuat sebesar produk Anda.

Segmentasi berdasarkan Industri - Segmentasi industri dapat digunakan oleh pemasar yang menjual produk dengan daya tarik khusus di segmen industri tertentu. Jika Anda adalah produsen peralatan otomasi industri, Anda tidak perlu berbicara dengan perusahaan yang berada di industri perhotelan. Anda akan memilih perusahaan pada umumnya yang memproduksi atau memanfaatkan produk industri dalam pembuatan produk mereka.

Segmentasi Kebutuhan Bisnis - Segmentasi berdasarkan kebutuhan bisnis memungkinkan pemasar untuk mengidentifikasi dan terhubung dengan bisnis yang menjangkau wilayah geografis, ukuran dan industri, tetapi berbagi kebutuhan bersama yang ditangani oleh produk atau layanan pemasar.

Baca juga: 

Cara Meningkatkan Penjualan Usaha Kecil Melalui Sosial Media


Dalam contoh di atas, Anda dapat menentukan bahwa pelanggan terbaik kemungkinan adalah orang yang secara geografis terletak di negara bagian tertentu, mereka memiliki pendapatan lebih dari $ 10.000.000 dan mereka adalah produsen. Dengan mensegmentasi dan kemudian mengevaluasi secara strategis sejarah dan meramalkan peluang baru, profesional penjualan dan profesional pemasaran dapat lebih cepat dan efektif meningkatkan pendapatan dan arus kas dengan biaya lebih rendah daripada yang akan mereka lakukan tanpa menggunakan segmentasi pasar dalam strategi bisnis dan rencana bisnis mereka.

Kesimpulan segmentasi pasar

Bekerja dengan service organisasi, organisasi penjualan, dan produsen untuk membantu mereka dalam semua bidang manajemen bisnis termasuk: Strategi Bisnis, Analisis SWOT (metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis), Branding Perusahaan dan Produk untuk memaksimalkan ROI, Operasi, Penjualan, Standar dan metrik Kinerja Penjualan, Manajemen Penjualan, Pelatihan Penjualan dan Manajemen Jalur Penjualan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Segmentasi Pasar - Untuk Membantu Anda Memperoleh Dan Menumbuhkan Pangsa Pasar"

Posting Komentar