√ Materi Kesehatan - Apakah Air Alkali itu Sehat Atau Hoax?

Materi kesehatan tentang Air Alkali sedang naik daun dan penjualannya juga lagi laris manis. Penjualannya melonjak dari $ 47 juta pada tahun 2014 menjadi $ 427 juta pada tahun 2017. Pebisnis mengklaim bahwa air alkali dapat memberi energi dan mendetoksifikasi tubuh, dan menyebabkan hidrasi superior. Tidak hanya itu, Air Alkali juga dapat memperbaiki keasaman di jaringan tubuh Anda, yang kemudian dapat mencegah atau mengusir kanker, radang sendi, osteoporosis, dan penyakit degeneratif lainnya.

√ Materi Kesehatan - Apakah Air Alkali itu Sehat Atau Hoax?
Materi Kesehatan

Apa Itu Air Alkali?

Air Alkali adalah konsep keasaman atau alkalinitas tubuh atau air yang didasarkan pada skala pH. Skala pH berubah dari 0 menjadi 14 dan pH 7 adalah netral. Apa pun dengan pH di bawah 7 dianggap asam dan apa pun dengan pH di atas 7 bersifat basa.

Kepanjangan dari "pH" adalah "potensial hidrogen". pH adalah ukuran konsentrasi ion hidrogen. Semakin rendah pH, semakin banyak ion hidrogen bebas yang dimilikinya. Semakin tinggi pH, semakin sedikit ion hidrogen bebas yang dimilikinya. Satu unit pH mencerminkan perubahan konsentrasi ion sepuluh kali lipat, jadi ada 10 kali lebih banyak ion hidrogen yang tersedia pada pH 7 daripada pada pH 8.

Materi kesehatan - Darah kita sedikit basa, dengan pH 7,4. Air murni memiliki pH netral 7, sementara air alami berkisar antara 6,5 hingga 8,5 tergantung pada tanah dan vegetasi di sekitarnya, variasi musiman, dan cuaca.

Air kemasan yang dipasarkan sebagai basa biasanya mengklaim memiliki pH antara 8 dan 10. Beberapa berasal dari mata air atau sumur artesis yang bersifat basa karena senyawa alkali terlarut seperti kalsium, magnesium, kalium, silika, dan bikarbonat. Lainnya diubah oleh proses yang disebut elektrolisis yang memisahkan air menjadi fraksi alkali dan asam. Ada juga mesin pengionisasi air mahal yang dipasarkan untuk digunakan di rumah.

Baca juga: 

Tips Makan Sehat untuk Anda ✅ Berat Badan Aman dan Efektif

Asal Usul Diet Alkali

Klaim pebisnis di balik air alkali didasarkan pada gagasan lama yang disebut hipotesis asam-abu. Dikatakan bahwa makan makanan asam tertentu seperti daging, susu, dan telur dapat menghasilkan sesuatu yang disebut abu asam dalam tubuh, yang meningkatkan kadar asam Anda dan menyebabkan efek kesehatan yang merugikan.

Mengobati Asam Lambung dengan Air Alakli

Gejala umum dari Asam Lambung adalah:

- Mulas: rasa sakit yang membakar atau ketidaknyamanan yang mungkin bergerak dari perut ke dada, atau bahkan sampai ke tenggorokan
- Regurgitasi: asam atau asam pahit mencadangkan ke tenggorokan atau mulut Anda

Gejala lain penyakit Asam Lambung meliputi:

- Kembung
- Feses berdarah, hitam, muntah darah
- Bersendawa
- Disfagia - penyempitan kerongkongan, yang menciptakan sensasi makanan tersangkut di tenggorokan
- Cegukan yang tidak reda
- Mual
- Penurunan berat badan tanpa alasan yang diketahui
- Mengi, batuk kering, suara serak, atau sakit tenggorokan kronis
Pola hidup sehat

Cara mengobati Asam Lambung dengan Air Alkali

Apakah Anda mencari penyembuhan atau perawatan Asam Lambung? Atau Apakah Anda ingin meningkatkan gejala Asam Lambung?

Air alkali dan pencernaan

Asam lambung memainkan peran penting dalam memecah makanan yang kita makan. Campuran ini diteruskan ke usus kecil tempat nutrisi diserap ke dalam tubuh. Tanpa jumlah asam yang tepat di perut, makanan tidak akan dicerna dengan baik.

Pertanyaan besar sekarang. "Apa yang terjadi ketika air alkali melewati perut?"

Perut memiliki kadar pH-nya sekitar 4, ketika Anda minum Air Alkali, maka kadar pH dalam perut dapat meningkat. Air hanya melewati perut dalam perjalanan ke usus. Jika ada residu yang tersisa dari makanan sebelumnya, itu akan dicuci ke usus.

Baca juga: 

Cara Mencegah Dan Terhindar Dari Penyakit Asam Lambung


Ketika Anda menderita Asam Lambung, tubuh Anda memiliki Asam Hydrochloric yang berlebih di dalam perut dan air membantu karena asam ini mengeluarkan asam berlebih dari perut. Perut tidak melepaskan asam pencernaan ketika Anda minum air, karena air bukanlah protein, karbohidrat atau lemak. Perut hanya akan mengeluarkan lebih banyak Asam jika pH lebih tinggi dari 4.

Jadi jika pH perut Anda lebih rendah dari 4 karena kelebihan asam lambung, air Alkali akan membantu menetralkan asam yang mungkin membantu dengan Asam Lambung.

Manfaat lain dari peningkatan produksi Asam Hidroklorat adalah pelepasan bikarbonat ke dalam aliran darah.

Air, karbon dioksida dan natrium klorida (garam meja) menghasilkan asam klorida dan natrium bikarbonat. Formula kimia dari produksi asam klorida adalah: H2O + CO2 + NaCl = HCl + NaHCO3

Asam hidroklorat digunakan dalam lambung untuk mencerna makanan dan natrium bikarbonat dilepaskan ke dalam aliran darah yang merupakan penyangga basa yang digunakan tubuh untuk menetralkan keasaman berlebih. Seiring bertambahnya usia tubuh kita mulai kehilangan buffer alkali ini dan keasaman berlebih dianggap sebagai salah satu penyebab penuaan. Usia 45 adalah usia rata-rata ketika kita mulai menunjukkan gejala penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit degeneratif lainnya. Limbah asam berlebih ini dapat muncul sebagai kolesterol, asam urat, dan batu ginjal.

Info kesehatan terbaru

Semakin banyak asam klorida yang Anda hasilkan, semakin banyak buffer alkali dilepaskan ke dalam aliran darah. Manfaat asam klorida yang dihasilkan oleh air alkali vs. asam yang dihasilkan oleh makanan adalah bahwa tubuh tidak harus menggunakan buffer untuk menetralkan limbah asam dari makanan yang Anda makan dan dari proses tubuh lain yang disebabkan oleh konsumsi mereka.

Aturan Konsumsi Air Alkali:

- Tunggu setengah jam setelah minum air alkali sebelum makan.
- Tunggu satu hingga dua jam setelah makan agar perut Anda selesai mencerna makanan Anda.
- Segelas air alkali satu jam setelah makan dapat membantu mencuci sisa makanan Anda ke dalam usus.

Usus kita Basa!

Sementara perut kita mengeluarkan asam untuk bekerja, usus kita membutuhkan lingkungan yang basa (pH 8,3) untuk menyerap nutrisi.

Setelah makanan di perut dicerna, makanan itu harus keluar ke usus kecil. Makanan pada titik ini sangat asam sehingga akan merusak dinding usus.

Karena itu, ketika air alkali melewati perut kosong, ia mempertahankan alkalinitasnya, yang membuatnya mudah bagi usus kita untuk menyerapnya.

Tip kesehatan air alkali:

Seperti yang direkomendasikan oleh para profesional kesehatan, minum air alkali dengan pH 9 - 10 agar sesuai dengan kisaran pH di usus.

Air Basa dan Asam Lambung

Asam Lambung terjadi ketika makanan dan asam dari lambung mengalir ke kerongkongan (tabung yang membawa makanan, cairan dan air liur dari mulut ke perut). Gejala-gejalanya dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang cukup besar. Jika dibiarkan tanpa pengawasan dalam jangka waktu lama, asam lambung dapat berkontribusi terhadap kerusakan lapisan esofagus.

Selama gejala akut, seseorang dapat minum beberapa teguk air untuk mencuci asam ke kerongkongan kembali ke perut. Tapi hati-hati jangan sampai terlalu banyak minum air putih. Meningkatkan volume konten dalam perut dapat menyebabkan asam lambung lebih lanjut.

Baca juga: 

Manfaat Milagros Untuk Kesuburan


Untuk asam lambung kronis, dokter akan meresepkan antasid tetapi ini sering kali disertai dengan efek samping. Karena itu, beberapa dokter mungkin merekomendasikan air alkali untuk menetralkan asam lambung dan menjaga keseimbangan antara keasaman dan alkalinitas.

Materi kesehatan:

Di bawah ini adalah studi (Potensi Manfaat pH 8,8 Air Minum Alkali sebagai Tambahan dalam Pengobatan Penyakit asam lambung) oleh Jamie A. Koufman, MD; Nikki Johnston, PhD

Tujuan: Pada tingkat sel, pepsin yang diikat jaringan sangat mendasar bagi mekanisme patofisiologis penyakit asam lambung, dan meskipun ambang batas untuk kerusakan laring pada asam lambung laringofaring dan untuk kerusakan esofagus pada penyakit asam lambung gastroesofageal berbeda, kedua bentuk kerusakan tersebut disebabkan oleh pepsin, yang membutuhkan asam untuk aktivasi. Selain itu, pepsin manusia tetap stabil pada pH 7,4 dan dapat diaktifkan kembali oleh ion hidrogen dari sumber apa pun. Dengan demikian, sebagian besar air umum dan air kemasan (biasanya pH 6,7 hingga 7,4) tidak diharapkan mempengaruhi stabilitas pepsin. Tujuan dari penelitian in vitro ini adalah untuk menyelidiki apakah air sumur artesis yang mengandung bikarbonat alami (pH 8,8) mungkin mengubah sifat pepsin manusia yang tidak dapat dibalikkan (tidak aktif), dan untuk membangun kapasitas buffer asam yang potensial.

Pengertian kesehatan menurut WHO

Metode: Penelitian laboratorium dilakukan untuk menentukan apakah pepsin manusia tidak diaktifkan oleh pH 8,8 air alkali. Selain itu, kapasitas penyangga air alkali diukur dan dibandingkan dengan dua air kemasan yang paling populer yang tersedia secara komersial.

Hasil: pH 8,8 air alkali pepsin manusia yang tidak dapat dikembalikan secara inaktif (in vitro), dan kapasitas penyangga asam klorida jauh melebihi air pH konvensional.

Kesimpulan: Tidak seperti air minum konvensional, air alkali pH 8,8 langsung mendenaturasikan pepsin, menjadikannya tidak aktif secara permanen. Selain itu, ia memiliki kapasitas buffer asam yang sangat baik. Dengan demikian, konsumsi air alkali dapat memiliki manfaat terapeutik untuk pasien dengan penyakit asam lambung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Materi Kesehatan - Apakah Air Alkali itu Sehat Atau Hoax?"

Posting Komentar