5 Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Pengertian Digital Marketing bagi para pelaku bisnis, istilah digital marketing mungkin sudah sangat familiar. Dimana metode pemasaran ini adalah metode yang paling banyak digunakan saat ini. Bukan tanpa alasan, namun karena prospek hasil yang lebih baik bisa didapatkan dari metode pemasaran ini.

Pengertian Digital Marketing
Pengertian Digital Marketing

Secara umum, digital marketing adalah upaya pemasaran atau promosi produk maupun jasa melalui media digital. Penggunaan media digital dan didukung dengan internet menjadikannya jauh lebih sesuai perkembangan zaman, dibandingkan metode pemasaran konvensional.

Definisi Digital Marketing Menurut Para Ahli


Selain penjelasan secara umum di atas, beberapa ahli di bawah ini juga akan membantu menerangkan pada Anda apa definisi digital marketing. Berikut adalah pengertian digital marketing menurut para ahli:

1.      Coviello, Milley and Marcolin (2001:26)
Konsep digital marketing menggunakan teknologi interaktif untuk menghubungkan produsen dan konsumen.
2.      Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009:47)
Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis website. Sebagai contoh adalah blog, website, e-mail, Adwords, dan berbagai macam jaringan sosial media. Fungsi dari website juga bermacam-macam, selain untuk jualan produk fisik juga untuk kerjasama dengan Google. Yaitu program Google AdSense yang mana kita sebagai Blogger atau Publisher akan dibayar setiap bulan. Untuk memulainya sangat mudah, Anda bisa langsung menggunakan jasa pembuatan Website AdSense yang profitable ini.
3.      Heidrick & Struggless (2009:1)
Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.
4.      Urban (2004:2)
Digital marketing menggunakan teknologi informasi dan juga internet untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing konvensional.
5.      Kleindl dan Burrow (2005)
Digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan juga distribusi. Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

Walaupun pengertian digital marketing menurut para ahli berbeda satu sama lain, akan tetapi secara umum tujuannya sama yakni untuk melakukan promosi dan juga meningkatkan penjualan melalui media digital.

Dewasa ini, begitu banyak perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing. Perusahaan-perusahaan tersebut menyediakan berbagai jasa pada dunia digital serta memiliki tim professional yang mampu memberikan pelayanan terbaik bagi para client perusahaan.

Dari jabaran definisi digital marketing menurut para ahli di atas juga bisa dilihat bagaimana keunggulan metode pemasaran ini dibanding metode terdahulunya yakni konvensional. Dimana penggunaan media digital menjadikan metode marketing ini bisa mencakup target pasar yang jauh lebih luas dan terarah. Ya, Anda bisa melakukan pengaturan target pasar sesuai dengan kebutuhan, semisal menurut usia, jenis kelamin, alamat atau yang lainnya.

Selain itu, kecepatan penyebaran iklan atau promosi juga jauh lebih cepat. Hanya dengan beberapa kali klik dan waktu beberapa detik, iklan yang Anda tampilkan sudah bisa dilihat oleh ribuan bahkan jutaan orang dari berbagai daerah. Iklan secara online juga bisa dipantau secara realtime, dengan begitu proses evaluasi iklan menjadi lebih mudah dan tepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli"

Posting Komentar